STIKKu Sumbang APD ke RSD Gunung Jati

Sabtu 04-04-2020,18:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan (STIKKu) membagikan alat pelindung diri (APD) untuk tim medis Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati Kota Cirebon, Jumat (3/4).  

Bantuan diberikan berupa sepatu boots warna oranye, sepatu boots warna kuning, jas hujan warna putih dan alkohol 96% untuk posko Covid-19, Ruang Isolasi dan Ruang VK di RSUD Gunung Jati Kota Cirebon.

Menurut Ketua STIKKu H Abdal Rohim, pemberian bantuan APD ini merupakan wujud kepedulian pihaknya dalam mendukung penanganan Covid-19 bagi tim kesehatan yang sedang bekerja keras di rumah sakit untuk penanganan dan pencegahan agar tidak menyebar lebih luas.

“Selain itu,  sekaligus wujud kerja sama mitra STIKes Kuningan dengan RSD Gunung Jati Kota Cirebon,” jelas Abdal kepada Radar.

Atas nama civitas akademik STIKes Kuningan, Ia terus berupaya untuk ikut mendukung penanganan Covid-19. Salah di antaranya dibuktikan dengan memberikan dukungan bantuan beberapa APD kepada Tim Covid-19 RSD Gunung Jati Kota Cirebon. Abdal berharap bantuan tersebut bisa bermanfaat bagi tim medis, yang tengah bekerja dan melayani masyarakat.

“Pemberian bantuan APD, merupakan implementasi kerja sama mitra STIKes Kuningan dengan RSD Gunung Jati Kota Cirebon sekaligus Rumah Sakit Pendidikan Utama bagi mahasiswa STIKes Kuningan,” ungkapnya.

Seperti diketahui bersama, bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menerbitkan sejumlah rekomendasi bagi petugas medis dalam menangani pasien yang terduga terinfeksi Virus Corona SARS-COV-2  atau positif Covid-19.

2

Rekomendasi paling pertama, WHO mengimbau petugas medis menutup bagian mata, hidung dan mulut saat menangani pasien terduga atau positif Covid-19. WHO mengatakan ketiga bagian itu merupakan sarana untuk transmisi filovirus.

Pelindung tersebut bisa menggunakan baju pelindung, masker, sarung tangan, sepatu, dan penutup kepala. Terdapat sejumlah syarat yang ditetapkan sebagai alat pelindung diri ini.(tat)

Tags :
Kategori :

Terkait