Strategi Ekonomi Negara-negara Terdampak Virus Corona

Minggu 05-04-2020,14:15 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

JAKARTA - Pandemi corona virus disease (Covid-19) berdampak serius pada ekonomi. Sejumlah negara terdampak, meluncurkan paket strategi ekonomi untuk dapat bertahan.

HIBERNASI EKONOMI AUSTRALIA

Dalam dua pekan terakhir, Australia sudah mengeluarkan serangkaian kebijakan baru di bidang ekonomi demi berupaya memperkecil dampak pandemi virus corona terhadap perekonomian secara keseluruhan.

Pemerintah Australia menggunakan istilah \'hibernation\' untuk menjelaskan apa yang mereka lakukan sekarang. Pemerintah Australia menggunakan hal yang sama dengan berusaha \'menidurkan\' perekonomian yang memang sudah melesu sejak wabah virus corona.

Selama perekonomian sedang \'tidur\', pemerintah memberikan bantuan keuangan langsung kepada para pekerja, agar setelah pandemi berlalu perusahaan bisa mempertahankan pegawainya.

Pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan yang keseluruhan nilanya lebih dari AU$213,7 miliar, atau hampir dua ribu triliun rupiah, yang dibagi ke dalam tiga paket kebijakan.

Paket terbesar diumumkan akhir Maret kemarin, yakni sebesar A$130 miliar, dimana karyawan akan mendapatkan subsidi upah sampai AU$1.500, atau hampir Rp15 juta per dua minggu yang akan dibayar selama enam bulan.

2

Diperkirakan sekitar 6 juta pekerja di Australia akan mendapatkan subsidi tersebut, jumlah yang cukup tinggi dari 26 juta penduduk saat ini.

Pertengahan bulan Maret, Australia mengeluarkan paket ekonomi senilai AU$17,6 miliar kepada mereka yang selama ini sudah mendapat tunjangan sosial,termasuk pensiunan,veteran, pengasuh orang tua atau yang sakit, serta anak-anak muda yang sedang mencari kerja, dengan bantuan sebesar AU$750 yang akan dibayarkan per 31 Maret.

Selanjutanya, Malaysia

Tags :
Kategori :

Terkait