Yang Sehat Pernah Dilarang Menkes Pakai Masker, Kini Setiap Orang Wajib Pakai

Minggu 05-04-2020,20:18 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

JAKARTA - Pemerintah meminta setiap orang agar wajib pakai masker, untuk mengantisipasi penularan virus corona. Terutama saat beraktivitas di luar ruangan.

Anjuran ini bertolak belakang dengan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan bahwa bagi mereka yang sehat tidak disarankan menggunakan masker.

\"Mulai hari ini, sesuai dengan rekomendasi dari WHO, kita jalankan masker untuk semua. Semua harus menggunakan masker,\" kata Yurianto melalui siaran langsung di Jakarta, Ahad (5/4/2020).

Menurut Yurianto penggunaan masker sangat penting, sebab banyak orang yang terinfeksi virus Corona tanpa gejala. \"Kita tidak tahu bahwa mereka adalah sumber penyebaran penyakit oleh karena itu lindungi diri kita. Semua menggunakan masker pada saat keluar rumah terutama,\" ujarnya.

Namun ia menekankan agar masyarakat menggunakan masker kain. Masker bedah dan masker N95 kata dia hanya diperuntukkan untuk tenaga medis. \"Masker kain bisa dicuci. Kami menyarankan penggunaan masker kain tidak lebih dari 4 jam,\" kata Yurianto. (yud)

Tags :
Kategori :

Terkait