Sebelum Meninggal, dr Ketty Pernah Tangani Menhub Budi Karya

Senin 06-04-2020,08:15 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

JAKARTA - Tenaga medis berguguran menghadapi pandemi corona virus disease (Covid-19). Salah satunya dr Ketty Herawati Sultana, yang sempat menangani Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Dari hasil tes swab, dr Ketty dinyatakan positif virus Corona. Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menginformasikan melalui media sosial gugurnya tiga dokter di garis depan.

Ketiga dokter itu adalah, dr Bernadette Albertine Fransisca T SpTHT-KL dari IDI Cabang Makasar, dr Ketty Herawati Sultana dari IDI Cabang Tangerang Selatan, dan Dr dr Lukman Shebubakar SpOT PhD dari IDI Cabang Jakarta Selatan.

Menhub Budi Karya sebelumnya memang sempat dirawat di RS Medistra di Jalan Jenderal Gatot Subroto Jakarta. Sebelum akhirnya, Menhub dirujuk ke RSPAD Gatot Soebroto di Jalan Abdul Rahman Saleh Jakarta.

Humas Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Abdul Halik Malik mengungkapkan, dr Ketty berusia 60 tahun. Beliau alumni Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya.

PB IDI berharap masyarakat dan pemerintah semakin memperkuat solidaritas untuk memutus mata rantai penularan covid-19. “Beberapa rumah sakit memang tidak kita pungkiri ada tenaga kesehatan yang terpapar. Itu sudah ada yang dirumahkan atau diisolasi. Di tempat dr. Ketty-pun demikian, juga dokter-dokter lain yang sudah gugur,” ungkap Halik.

Sebelumnya, dr Ketty sempat dirawat di RS Medistra selama tujuh hari. Hasil tes swab menyatakan dia positif covid-19. IDI turut berbelasungkawa atas meninggalnya dr Ketty dan dokter-dokter lainnya dalam situasi penanganan covid-19 ini. (yud/zul)

Tags :
Kategori :

Terkait