Karang Taruna Door to Door Sosialisasi Cegah Covid-19

Senin 06-04-2020,16:45 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Sebagai bentuk kepedulian, Karang Taruna Tunas Mekar Desa Gintung Tengah, Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon, menggelar penyemprotan disinfektan masal. Kegiatan ini dilakukan di seluruh Desa Gintung, kemarin (5/4).

Humas Karang Taruna Tunas Mekar Desa Gintung Tengah, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Muhammad Nazarudin menuturkan, penyemprotan dilakukan di seluruh wilayah Desa Gintung yang meliputi 4 RW dan 12 RT. Kegiatan dimulai sejak pukul 09.00 WIB hingga 13.00 WIB. Tak hanya rumah warga, lapas narkotika Cirebon juga beragam sarana publik dilakukan penyemprotan.

\"Penyemprotan didampingi oleh Babinkamtibmas Gintung Tengah dari Polsek Ciwaringin dan Babinsa Gintung Tengah dari Koramil Ciwaringin, serta didampingi Muspika Ciwaringin,\" terangnya.

Kegiatan kali ini, merupakan inisiatif dari para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Tunas Mekar. Di minggu sebelumnya, penyemprotan telah dilakukan oleh pemdes setempat. Para pengurus Karang Taruna Tunas Mekar, secara door to door juga sosialisasi pencegahan penularan Covid-19.

Dalam sosialisasi tersebut, warga diminta selalu menjaga daya tahan tubuh dan menerapkan hidup sehat serta melakukan social distancing. \"Kami terus imbau untuk penggunaan masker bagi yang sakit. Kemudian tetap di rumah saja jika tidak ada keperluan mendesak,\" ungkapnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga turut mengingatkan warga untuk pentingnya karantina mandiri. Pasalnya, dalam beberapa waktu terakhir, terdapat warga rantauan yang pulang berasal dari Taiwan dan daerah Jabodetabek. Untuk itu, meski mereka dinyatakan sehat, pihaknya turut mengingatkan untuk melakukan karantina mandiri selama 14 hari.

Ke depan, pihaknya akan melakukan penyemprotan disinfektan selama seminggu sekali untuk mencegah adanya penyebaran covid-19. Kemudian, sedang menyiapkan pembagian masker secara gratis. \"Untuk akses di desa kami, saat ini masih berjalan kondusif. Tak ada lockdown, karena desa kami sebagai jalur protokol penghubung desa,\" tukasnya. (apr)

Tags :
Kategori :

Terkait