Karang Taruna Tebar Ribuan Masker

Selasa 07-04-2020,19:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN – Ketua KarangT aruna Kabupaten Kuningan Elon Carlan membagikan masker, nasi bungkus dan menempelkan stiker imbauan kepada seluruh sopir angkot yang melintas di jalur protokol Kota Kuningan, Senin (6/4). Aksi sosial tersebut, dilakukan sebagai wujud kesetiakawanan sosial dalam perang melawan coronavirus desease (Covid-19).

Tampak mendampingi Elon, Majelis Pertimbangan Karang Taruna Kabupaten Kuningan Dr Toto Toharudin, serta jajaran pengurus. Aksi secara serentak dibagi di lima titik berbeda. Yaitu, perempatan Jalan Citamba, Pasar Baru, Jl Juanda, Pasar Baru Sektor Timur, Pasar Ciawigebang, dan Pasar Cilimus.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Kuningan Elon Carlan menjelaskan, aksi kesetiakawanan sosial Karang Taruna ini menindaklanjuti Surat Bupati Kuningan Nomor 440/1080/Kesra tertanggal 27 Maret 2020 perihal kesediaan Karang Taruna menjadi relawan. Baik Karang Taruna tingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa/kelurahan.

 “Sebagai bentuk respons positif terhadap surat pak bupati tersebut, KarangTaruna pada setiap tingkatan sudah ikut serta menjadi bagian dari komponen Kabupaten Kuningan yang proaktif ikut serta dalam pencegahan penularan wabah virus corona,”papar Elon.

Beberapa langkah dan upaya KarangTaruna, di antaranya langkah edukasi terhadap masyarakat. Seperti ikut serta dalam pemeliharaan kebersihan lingkungan dan pemukiman termasuk penyemprotan. Atau pun ikut menjadi bagian dalam posko pengendalian penularan wabah virus corona di desa/kelurahan.

Salah satunya mengedukasi, mendata, memotivasi dan melaporkan mobilitas penduduk terutama yang datang dari zona merah. “Langkah hari ini merupakan lanjutan dari kepedulian kami pada 28 Maret 2020 lalu. Yaitu  berempati dan memberi dukungan logistik ke enam titik posko pengendalian penularan wabah virus corona di daerah perbatasan,” terangnya.

Bentuk aksi kali ini, berupa pembagian 1.000 masker ke para pengunjung pasar tradisional, para sopir angkot dan kusir delman. Khusus sopir angkot dan kusir delman di samping masker, juga mendistribusikan 200 nasi kotak serta penempelan 1.500 stiker imbauan pencegahan penularan wabah virus corona dari pengurus Karang Taruna Kabupaten Kuningan.

2

“Kami menyadari upaya masih jauh dari peran beberapa pihak yang telah peduli dan berbuat dalam pencegahan penularan wabah virus corona. Teristimewa kepada petugas dinas teknis Pemkab Kuningan, Polri dan TNI, serta rekan-rekan relawan sosial dari ormas ataupun organisasilain. Setiap hari dari siang dan malam menjaga kawasan perbatasan di enam titik posko,” papar Elon.

Menurutnya, peran Karang Taruna setidaknya menjadi setitik air di danau yang luas, yang turut serta terhadap penanganan penyebaran wabah virus corona. Juga sedikitnya bisa membantu warga terdampak dari wabah ini.“Ke depan akan diupayakan gerakan seperti ini. Karang Taruna akan bekerjasama dengan TP PKK kabupaten untuk berbagi kepedulian terhadap sasaran warga terdampak langsung, seperti ojeg, pedagang kecil kantin/warung sekolah dan komponen lain,” sebut dia.(tat)

Tags :
Kategori :

Terkait