Dalgona Coffee, Cocok Buat Nemenin Kamu yang di Rumah Saja

Rabu 08-04-2020,17:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Sebagai pecinta kopi, pastinya tidak ada hari tanpa minum kopi. Saat beraktivitas di luar, terkadang kita mesti punya budget khusus buat mencicipi berbagai racikan kopi di luar sana. Namun, saat aktivitas hanya di rumah saja, karena pandemi corona virus, mau tak mau kita harus menghilangkan kebiasaan nongkrong di kedai kopi untuk sementara waktu.

NUR VIA PAHLAWANITA, Sumber

TENANG saja. Kita masih bisa kok menikmati kopi yang enak, selagi work from home atau kerja di rumah. Apalagi, kopi tersebut racikan kita sendiri. Yuk kenalan dengan dalgona coffee!

Diketahui, dalgona coffee pertama kali populer di Korea Selatan, di masa isolasi pandemi COVID-19. Baru-baru ini, menu kopi tersebut sedang viral di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Cara bikinnya pun sangat mudah, dengan bahan-bahan yang pasti ada di rumah.

Penasaran bagaimana cara membuat kopi viral yang bisa nemenin kamu saat work from home?

Salah seorang warga Kelurahan/Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Dian Oktaviana SPd menuturkan, saat work from home, tetap bisa ngopi enak dengan cara yang tentu saja unik. Apalagi, gak perlu keluar rumah untuk menyantap secangkir kopi yang enak, yang disebut Dalgona Coffee.

“Dalgona Coffee itu sebuah racikan kopi susu yang ngetren dari negara Korea Selatan. Banyak sekali konten netizen Indonesia, baik influencer, artis maupun warga biasa yang membuat video mereka sedang unjuk kebolehan sedang membuat kopi ini. Baik di tiktok, instagram maupun youtube. Semua berlomba-lomba mengaduk kopi, hingga kental dan Dalgona Coffee siap diminum,” tutur Dian, seorang guru di SDIT Al Muhibbin Kelurahan Pasalakan, Kecamatan Sumber, kepada Radar, Selasa (7/4).

2

Dia pun membeberkan resep Dalgona Coffee. Bahan-bahannya, dua sendok makan kopi hitam, pilih yang tanpa ampas, dua sendok makan gula pasir, dua sendok air panas, susu cair full cream secukupnya, dan es batu secukupnya.

Untuk membuatnya pun cukup mudah. Yakni, campurkan kopi hitam, gula pasir, dan air panas tesebut. Lalu kocok dengan mixer, hingga berbusa atau foamy. Matikan mixer, lalu sisihkan bahan di atas. Masukkan es batu ke dalam gelas dan tuangkan susu cair sesuai selera. Taruh adonan kopi berbusa tersebut ke dalam gelas yang berisi es dan susu cair.

Dalgona coffee pun siap disantap untuk nemenin kamu selama work from home. Karena di masa-masa psycal distancing seperti ini, orang banyak menghabiskan waktu di rumah, dan coffee shop pun banyak yang tutup alhasil muncullah ide membuat Dalgona Coffee ini. Selain warga biasa, pembuatan Dalgona Coffee ini juga diikuti para artis korea yang membuat minuman ini makin terkenal.

“Perpaduan manis gula dan pahitnya kopi, serta segarnya susu putih, menjadikan Dalgona Coffee primadona, karena selain bahannya mudah didapat, pembuatannya sebenarnya simple dan murah,” tukasnya. (*)

Tags :
Kategori :

Terkait