Gratiskan Penyemprotan, Wakil Walikota Cirebon Ajak Bersatu Cegah Covid-19

Rabu 08-04-2020,17:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON – Wakil Walikota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati mengajak kepada semua elemen masyarakat untuk bersatu menjaga lingkungan masing-masing untuk mencegah peredaran Covid-19 ke Kota Cirebon. Salah satu yang mendapat aprsiasi Pemkot Cirebon adalah keberadaan relawan peduli Covid-19 Kota Cirebon yang sudah membatu melakukan penyemprotan disinfektan secara swadaya ke lingkungan-lingkungan. Selama hampir satu bulan, penyemprotan telah merambah 40 ribu unit rumah di wilayah Kota Cirebon dan daerah perbatasan.

Relawan peduli Covid-19 terdiri dari berbagai elemen masyarakat yang menghimpun sebuah komunitas relawan. Di antaranya dari forum peduli lingkungan dan budaya, FKPPI, Laskar Macan Ali, PMTSI, komunitas tukang becak, ojek online maupun offline, dan lainya. Mereka terpanggil untuk secara swadaya melakukan penjagaan sterilisasi lingkungan.

Apresiasi ini dilakukan pemkot dengan menyampaikan suport alat pelindung diri (APD) sederhana, dan stimulan bagi para relawan. Hal itu agar para relawan semangat melakukan tugas kemanusiaan ini di lingkungan Kota Cirebon dan sekitarnya. Penyerahan apresiasi disampaikan langsung oleh Eti dan kepala Dinas Lingkungan Hidup kepada pengurus forum relawan.

“Terima kasih kepada relawan yang sudah 29 hari turun ke masyarakat. Ini adalah salah satu jalinan yang sangat baik antara masyarakat dengan relawan untuk membantu tugas pemkot dalam mencegah masuknya Covid-19 ke Kota Cirebon,” kata Eti, Selasa (7/4).

Dia berharap agar seluruh warga di lingkungan masing-masing maupun berbagai elemen masyarakat dapat saling mendukung bersama memerangi Covid-19, dengan tidak melihat warna dan latar belakang. Warga juga diimbau untuk mengoptimalkan anjuran social distance yang sudah digencarkan oleh pemerintah.

Dalam kesempatan ini, Eti yang kebetulan sedang berulang tahun kemarin, ikut melakukan aksi penyemprotan di sekitar lingkungan alun-alun Keraton Kasepuhan. Sebelumnya, pada pagi kemarin, forum peduli Covid-19 melakukan penyemprotan pada kawasan pertokoan di Jln Pasuketan dan Pekiringan.

Sekretaris forum relawan, Prabu Diaz menyebut, ini sebagai bentuk dari hasil diskusi yang dilakukan oleh forum peduli lingkungan hidup dan budaya, yang di dalamnya berisi pengurus dari organisasi kepemudaan serta kemasyarakatan lainnya. Mereka tergerak untuk meakukan aksi pencegahan Covid-19 yang sesuai kemampuan. Maka, dipilihlah penyemprotan disinfektan gratis.

2

Menurutnya, dalam melakukan penyemprotan, pihaknya membeli langsung cairan dan formula disinfektan di Koperasi Kemenkes Pusat. Bahan disinfektan sesuai standar kesehatan dan ramah lingkungan. Sebelum terjun ke lapangan, sejumlah anggota forum didiklat singkat tentang tata cara penyemprotan yang baik dan aman bagi lingkungan maupun fisik petugas.

“Kita terus bergerak, melayani permintaan masyarakat. Bagi yang lingkungannya belum pernah dilakukan penyemprotan disinfektan, bisa menghubungi kita. Nanti dijadwalkan untuk terjun langsung, dan tidak dipungut biaya,” imbuhnya. (azs)

Tags :
Kategori :

Terkait