Sebulan Tertahan, 58 Jamaah Umrah Indonesia Ini Akhirnya Dipulangkan

Kamis 09-04-2020,16:15 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Rombongan jamaah umrah Indonesia yang sempat tertahan hampir satu bulan di Arab Saudi akhirnya bisa bernapas lega. Mereka merupakan jamaah dari berbagai daerah di Indonesia, di antaranya Cirebon dan Kuningan.

Hal tersebut setelah Kementerian Haji dan Umroh Saudi beserta KJRI di Saudi menjalin komunikasi intens dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi hingga memutuskan memfasilitasi kepulangan para jamaah menggunakan pesawat Saudi Airlines dengan nomor penerbangan SV818.

Sebanyak 58 jamaah umrah yang sudah overstay tersebut bertolak dari Arab Saudi sekitar pukul 08. 25 waktu setempat. Saat ini jamaah masih dalam perjalanan dalam pesawat.

Ketua Advokasi & Bantuan Hukum DPP SAHI (Silaturrahim Haji Umroh Indonesia), Abdul Jabbar, saat dihubungi Radar menuturkan, bersama rombongan lainnya akan mengikuti protokol kesehatan sesampainya nanti di Indonesia.

\"Sudah hampir sebulan kita overstay di Saudi, alhamdulillah. Terima kasih kami ucapkan pada semua pihak yang sudah membantu, akhirnya kita bisa pulang dengan bantuan KJRI, Kementerian Haji dan Umrah Saudi serta Pemerintah Kerajaan Saudi,\" ujar jamaah asal Kuningan, Jawa Barat ini.

Abdul Jabbar yang berangkat umrah pada akhir Februari 2020 lalu, tertahan dan tak bisa pulang setelah Pemerintah Saudi sempat menutup penerbangan dan memberlakukan pembatasan untuk menekan penyebaran virus corona di Saudi. (dri)

Tags :
Kategori :

Terkait