30 Ribu Liter Disinfektan untuk 30 Desa

Sabtu 11-04-2020,20:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN – Darurat pandemi Covid-19 yang kian berdampak terhadap ekonomi rakyat, membuat kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Kuningan blusukan ke kampung-kampung. PKB menyasar rumah-rumah warga yang terbilang kurang mampu untuk diberikan sembako, masker, hand sanitizer, hingga penyemprotan disinfektan.

Anggota DPR RI dari Fraksi PKB H Yanuar Prihatin didampingi Ketua DPC PKB Kuningan H Ujang Kosasih MSi menuturkan, pemberian bantuan ini sebagai bentuk kepedulian partai terhadap warga kurang mampu di tengah persoalan pandemi Covid-19. Sehingga aksi sosial ini sebagai upaya bersama dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Kuningan.

“Ini upaya kita bersama, bagaimana kita bersatu berjuang bersama untuk mengatasi Covid-19 sesuai dengan kemampuan kita masing-masing. Sehingga kita ikhtiar untuk melakukan pencegahan dengan penyemprotan disinfektan dan pemakaian masker,” ucapnya.

Cairan disinfektan yang akan dipergunakan di perdesaan itu mencapai 30.000 liter dengan sasaran 30 desa. Termasuk pula ribuan masker disediakan untuk dibagikan gratis kepada masyarakat. “Kita di DPR RI, tentunya mendukung penuh, men-support pemerintah untuk menangani Covid-19. Jadi bukan soal satu wilayah, ini satu negara bahkan global pandemi ini, tentu DPR RI tidak bisa berdiam diri karena harus men-support pemerintah, tapi segala halnya perlu persetujuan DPR RI,” tandasnya.

Misalnya saja terkait pergeseran anggaran untuk penanganan Covid-19. Jadi ada realokasi anggaran yang tidak penting agar dipergunakan untuk percepatan penanganan Covid-19. “Kami sudah berkoordinasi antar fraksi, antar AKD (Alat Kelengkapan Dewan), antar unit di DPR untuk membatasi hal-hal yang tidak penting. Misalnya saja kunjungan ke luar negeri dibatalkan, kunjungan ke daerah juga dikurangi, kemudian anggaran itu dialihkan kepada pananganan Covid-19 sesuai kemampuan kapasitas DPR RI,” ungkapnya.

Sementara itui, Ketua DPC PKB Kabupaten Kuningan Drs H Ujang Kosasih MSi menambahkan, jika bantuan yang sudah disebar adalah ratusan paket sembako, masker, hand sanitizer, hingga penyemprotan disinfektan. Kegiatan ini sebagai sumbangsih PKB, agar warga bisa tetap tenang dan terpenuhi kebutuhan hidup di tengah pandemi COVID-19.

“Ke depan jika kondisi ini masih belum reda, mudah-mudahan saja cepat berlalu, kami akan meneruskan program PKB Peduli ini dengan paket sembako yang lebih banyak lagi,” imbuh Ujang. (ags)

Tags :
Kategori :

Terkait