Tips Mencuci dan Menjaga Kebersihan Masker Kain

Senin 20-04-2020,08:00 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

MASKER kini salah satu benda yang sangat dibutuhkan untuk melawan pandemi Corona. Masker yang paling ideal untuk mencegah tertular virus Corona adalah masker N95 atau masker bedah.

Namun dua jenis masker tersebut saat ini lebih diperuntukkan bagi para tenaga medis. Sedangkan kita yang bukan merupakan tenaga medis dianjurkan untuk menggunakan masker kain.

Berbeda dari masker bedah, masker kain memang diperuntukkan pemakaian berulang. Namun sayangnya banyak orang yang tidak menyadari bahwa sangat penting untuk mencuci masker kain yang sering dipakainya itu.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, virus dan bakteri dapat hidup dan bertahan pada permukaan hingga beberapa hari. Menurut penelitian yang dipublikasikan pada 2 April 2020 di The Lancet, virus dan bakteri bisa hidup pada lapisan luar permukaan masker hingga tujuh hari lamanya.

\"Yang mengejutkan, tingkat terdeteksi dari virus menular masih bisa ada pada lapisan terluar masker bedah pada hari ke-7,\" tulis para peneliti dalam penelitian tersebut.

Para peneliti dalam riset itu juga mengatakan bahwa disinfektan dapat digunakan untuk membersihkan dan membunuh virus Corona pada masker yang Anda miliki. Asalkan Anda menggunakannya dengan benar.

Seperti dikutip dari Huffington Post, berikut ini beberapa cara mencuci masker kain yang tepat menurut para ahli:

2

Cuci Masker Setiap Hari

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau CDC menyarankan untuk mencuci masker setidaknya satu hari sekali setelah Anda menggunakannya. Robert Amler, dekan Fakultas Ilmu dan Praktik Kesehatan di New York Medical College dan mantan kepala petugas medis CDC juga menyarankan untuk mencuci masker kain setiap kali setelah digunakan.

\"Hindari menyentuh wajah Anda dan cuci tangan sebelum dan sesudah,\" tambah Amler.

Emily de Golian, seorang dokter kulit bersertifikat di Dermatology Consultants di Georgia mengatakan bahwa idealnya masker tidak boleh dipakai selama lebih dari 30 menit. Hal itu dikarenakan kelembapan yang ditimbulkan dari napas kita dapat membuatnya menjadi kurang efektif sebagai penghalang terhadap infeksi Covid-19.

Jadi, jika Anda adalah orang yang bekerja atau sering melakukan aktivitas di tempat yang berisiko tinggi menjadi pusat penyebaran, maka Dimitar Marinov, asisten professor di departemen kebersihan University of Varna menyarankan untuk mencuci masker setiap 2 jam sekali.

Gunakan Deterjen dengan Senyawa Aktif saat Mencuci

Rodney Rohde, associate dekan untuk penelitian di College of Health Professions di Texas State University menjelaskan bahwa penting untuk menggunakan deterjen dengan senyawa seperti pemutih atau bahan aktif lainnya untuk mencuci masker kain yang dimiliki. Produk semacam itu akan membunuh mikroba dengan lebih efektif daripada deterjen standar.

Gunakan Air Hangat saat Mencuci

Tags :
Kategori :

Terkait