Karang Taruna Buka Dapur Umum

Selasa 21-04-2020,01:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN - Karang taruna membuka dapur umum di beberapa titik Posko Penanganan Covid-19. Giat sosial berturut-turut kali ini, bekerjasama dengan taruna siaga bencana (Tagana).

“Dapur umum di beberapa posko ini, kita buka selama dua hari,” ujar Ketua Karang Taruna Kabupaten Kuningan Elon Carlan kepada Radar Kuningan, Minggu (19/4).

Dapur umum lapangan ini, lebih pada penyediaan makanan tambahan para petugas, pemudik atau warga umum yang kebetulan melintas di posko. Di samping itu, tetap dilakukan pembagian masker bagi pengurus karang taruna yang piket di posko-posko kewaspadaan Covid-19. Utamanya posko kecamatan dan desa-desa.

Untuk hari pertama, membuka dapur umum di Posko Penanganan Covid-19 di titik Tugu Perbatasan Cibingbin. Sasarannya selain petugas piket di kecamatan, puskesmas, juga desa-desa se-Kecamatan Cibingbin.

“Untuk hari kedua, kita buka di Posko Tugu Ikan Sampora. Sasarannya sama, petugas piket kecamatan, puskesmas dan desa-desa di Kecamatan Cilimus, Pancalang dan Mandirancan,” sebut Elon.

Dijelaskan, pembukaan dapur umum dimaksudkan sebagai wujud apresiasi karang taruna kepada petugas posko pengendalian yang sudah satu bulan lebih melaksanakan tugas di perbatasan. Sekaligus memberikan apresiasi dan spirit kepada rekan-rekan pengurus karang taruna kecamatan dan desa-desa.

Yang ternyata berdasarkan laporan dan pemantauan telah dan sedang berperan aktif dalam mengampanyekan pencegahan Covid-19. Mereka aktif dalam penyemprotan di wilayah pemukiman sekitarnya. Sekaligus menghimpun potensi sumber dana untuk pengadaan alat pelindung diri (APD) berupa masker dan hand sanitizer yang dibagikan kepada warga secara gratis.

2

“Semoga melalui bakti sosial ini, tumbuh rasa kebersamaan dan semangat keterpaduan dari semua komponen dengan karang taruna. Di mana di dalamnya unsur pemuda siap menolong, membantu dan menjaga masyarakat sekitar,” harap Elon.

Lebih lanjut dikatakan Elon, beberapa karang taruna desa dan kelurahan kini juga dilibatkan secara aktif dalam pendataan masyarakat terdampak wabah corona ini. Bahkan pada waktunya nanti, karang taruna diminta oleh pemkab untuk berkolaborasi dan berkontribusi dalam pendistribusian beberapa bantuan sosial, Ia akan dengan senang hati membantu. “Karang taruna selalu siap,” tegas Elon.(tat)

Tags :
Kategori :

Terkait