Wastafel Penunjang Pencegahan Covid-19

Selasa 21-04-2020,21:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Pemerintah Kabupaten Cirebon menerima bantuan lima wastafel dari pihak swasta. Rencananya, bantuan tersebut ditempatkan di sejumlah titik di Kabupaten Cirebon. Membudayakan hidup sehat masyarakat di tengah pandemi Coronavirus Disease (covid-19)

Koordinator Wilayah III Cirebon, Jabar Bergerak, Kuswandy mengatakan, lima unit bantuan wastafel itu berukuran besar dengan kapasitas 500 liter, sedangkan yang sedang kapasitasnya 350 liter.

\"Anggaran bantuan westafel itu berasal dari donatur dan partisipan yang menyisihkan dana CSR-nya. Tujuannya tidak lain, untuk membantu dari sisi kemanusiaan, dan ditempatkan di lokasi umum,\" kata Kuswandy, Senin (20/4).

Dia berharap, setidaknya bantuan tersebut bisa memberikan edukasi kepada masyarakat di tengah pandemi covid-19. Sehingga, wabah itu segera berakhir. \"Musibah yang kini melanda, bukanlah menjadi tanggung jawab pemerintah saja. Tapi tugas dan tanggung jawab bersama,\" tuturnya.

Senada disampaikan Koordinator Jabar Bergerak Kabupaten Cirebon, Rudianto MPd. Dia mengatakan, bantuan yang disalurkan sebagai upaya membantu pemerintah dalam menangani pencegahan penyebaran Covid-19.

Di samping itu, sebagai media edukasi kepada masyarakat agar bisa mengubah pola hidup masyarakat. \"Media yang kita sediakan itu westafel. Sehingga masyarakat membudayakan cuci tangan. Tidak hanya di masa pandemi saja, tetapi terus berkelanjutan,\" imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Cirebon, Deni Agustin SE menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan relawan Jabar Bergerak. \"Insya Allah, pemberian bantuan wastafel ini akan ditempatkan di lokasi umum seperti pasar-pasar tradisional di Kabupaten Cirebon,\" jelasnya.

2

Dia menambahkan, alasan ditempatkan di pasar tradisional, mengingat fasilitas penunjang penanggulangan penyebaran Covid-19 di sejumlah pasar masih minim. (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait