Polisi Bubarkan Kerumunan, Kesadaran Masyarakat terkait Virus Corona Masih Rendah

Kamis 23-04-2020,21:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN - Petugas patroli Polsek Cilimus membubarkan kerumunan warga yang nongkrong di ruas Jalan Baru Sampora-Garatengah, kemarin (22/4).

Dipimpin langsung Kapolsek AKP Setyo Aji, giat patroli Covid-19 yang melibatkan sekitar 10 anggota tersebut dibagi dalam dua kelompok. Satu kelompok menyisir dari arah Utara mulai dari Bundaran Ikan Sampora, sedangkan satu kelompok lain menyisir dari simpang Panawuan. Terpantau, kehadiran petugas patroli tersebut cukup mengejutkan warga yang sedang nongkrong di pinggir jalan maupun tengah ngopi di warung lesehan. Petugas pun meminta mereka yang sedang nongkrong segera meninggalkan tempat tersebut untuk menghindari penularan virus corona yang kini sudah mewabah.

\"Silakan bayar dulu makanan dan minumannya, kemudian langsung pulang ke rumah masing-masing. Jangan ada lagi nongkrong-nongkrong atau berkerumun seperti ini. Sekarang sedang ada wabah corona, kalau tidak ada kepentingan yang mendesak sebaiknya tetap diam di rumah,\" imbau Kapolsek saat mendatangi sebuah warung yang dipenuhi pengunjung di simpang Panawuan.

Tak terkecuali anak-anak muda yang sedang duduk nongkrong di atas motor yang berjejer rapi, seketika tancap gas saat melihat mobil patroli polisi mendekat. Sesekali petugas kembali harus turun dan mendatangi kerumunan warga yang tak menuruti anjuran petugas untuk bubar.

Aji menjelaskan, setiap sore hari ruas Jalan Baru Lingkar Timur Kuningan ini memang menjadi tempat favorit warga untuk berolahraga lari. Pihaknya tidak mempermasalahkan bagi mereka yang berolahraga sore untuk menjaga stamina menangkal virus corona. Yang jadi permasalahan, kata Aji, tak sedikit warga yang datang hanya untuk nongkrong-nongkrong dan berkerumun, pamer motor atau sekadar cuci mata, yang sebenarnya sangat tidak dianjurkan saat wabah corona ini.

\"Pemerintah sampai membuat kebijakan belajar di rumah bagi para pelajar dan work from home (WFH) bagi karyawan untuk tujuan memutus mata rantai penyebaran corona. Kalau untuk olahraga silakan saja, tapi itu pun harus menerapkan physical distancsing atau jaga jarak, mengenakan masker dan lainnya, bukan malah nongkrong-nongkrong,\" ujar Aji.

Aji menyayangkan masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk menjaga diri dari penularan virus corona ini. Dia berharap, kegiatan patroli rutin petugas Polsek Cilimus menyisir jalan baru ini setiap sore akan membuat masyarakat akhirnya mau untuk tetap di rumah sampai wabah corona berakhir.

2

\"Mari kita lawan bersama virus corona ini dengan tetap di rumah, menjalankan pola hidup bersih dan sehat serta terapkan social distancing. Insyaa Allah kalau kita semua patuh, wabah corona ini akan cepat berakhir. Jangan lagi ada kegiatan kumpul-kumpul yang bisa berpotensi terjadi penularan virus corona yang akhirnya bisa merugikan diri sendiri, keluarga dan orang banyak,\" imbau Kapolsek. (fik)

Tags :
Kategori :

Terkait