Budi Karya Ikut Rapat Kabinet Terbatas Pertamanya setelah Sembuh dari Covid-19

Senin 27-04-2020,14:35 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

JAKARTA - Ada pemandangan baru dari rapat kabinet terbatas (ratas) yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (27/4). Menteri Perhubungan (Mehub) Budi Karya Sumadi yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 kali ini ikut ratas.

\"Beliau sudah sehat dan sekarang ikut rapat intern kabinet. Ini kami masih rapat intern,\" kata Menteri Sosial Juliari Batubara saat dihubungi di Jakarta, Senin (27/4), dikutip dari Antara.

Budi Karya pertama kalinya mengikuti ratas pasca dirinya dinyatakan positif Covid-19 pada 14 Maret. Sebelumnya, ia menjalani perawatan medis di RSPAD Gatoto Subroto hingga 15 April dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.

\"Ini rapat yang pertama yang diikuti, semoga beliau sehat terus,\" ujar Juliari.

Presiden Jokowi memang rutin menggelar rapat kabinet terbatas mengggunakan sarana \"video conference\" dan diikuti para menteri Kabinet Indonesia Maju dari kantor atau rumah masing-masing.

Seperti diberitakan sebelumnya, Budi Karya mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Jakarta Pusat, selama hampir satu bulan. Ia mengaku tidak akan menyerah dalam melawan penyakit corona atau Covid-19 yang menginfeksi tubuhnya.

“Saya tidak menyerah, saya selalu berusaha. Tuhan sudah memberi jalan,” ujar Budi Karya dalam pesan singkat WhatsApp, Rabu (15/4). Ia pun mengaku sudah tidak sabar ingin kembali beraktivitas seperti biasa, termasuk bertemu dengan awak media atau wartawan yang biasa ditemui di lingkungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

2

“Rasanya sudah ingin bersama kalian (wartawan di pos liputan Kemenhub, red). Tapi saya tetap menjalani, mengikuti saran dokter selama dua minggu, salam hangat BKS,” ujar menteri yang akrab disapa dengan singkatan nama lengkapnya itu.

Budi Karya adalah pasien ke-76 Covid-19 di Indonesia. Pengumuman Budi Karya positif Covid-19 disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada 14 Maret 2020.

Budi Karya lalu dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Sebelum dirawat di RSPAD, Budi Karya sempat dirawat di salah satu RS swasta dengan indikasi sakit tifus, namun belum dinyatakan positif COVID-19, setelah melakukan sejumlah kunjungan kerja.

Budi Karya diketahui melakukan rangkaian kunjungan kerja ke luar kota selama beberapa hari ke Toraja, Luwuk, Wakatobi, Makassar, Parepare, Kertajati dan Indramayu sebelum sakit.

Ia terakhir terlihat di lingkungan istana kepresidenan saat menghadiri rapat terbatas pada 11 Maret 2020. Akibatnya, Presiden Jokowi dan seluruh Menteri Kabinet Indonesia Maju pun harus menjalani tes Covid-19 di RSPAD.

Pada 15 April 2020 lalu, Staf Khusus Menteri Perhubungan Adita Irawati menyatakan Budi Karya sudah pulang dari RSPAD dan kembali ke rumahnya. Namun tetap harus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari sesuai dengan arahan dokter. (hsn/ant/jpnn)

Tags :
Kategori :

Terkait