Dentuman Misterius Kembali Terdengar Warga Jateng, Berasal dari Pesawat Jet?

Rabu 13-05-2020,10:45 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

SOLO - Dentuman misterius kembali terdengar di sejumlah wilayah di Jawa Tengah pada Selasa (12/5/2020) dini hari. Suara dentuman sebelumnya juga terdengar pada Senin (11/5/2020) pagi. Suara dentuman ini terdengar di beberapa wilayah Jawa Tengah.

Seorang warga yang mendengar suara dentuman misterius ini pun memberikan kesaksiannya. Ia mengaku mendengar suara tersebut dini hari, sekitar pukul 01.00 WIB.

Terkait suara dentuman pada Senin (11/5/2020) di Jawa Tengah, Kepala BMKG Stasiun Meterologi Ahmad Yani Semarang Achadi Subarkah Raharjo mengatakan, tidak ada catatan mengenai aktivitas seismik (gempa tektonik).

Menurut Achadi, dari monitoring listrik udara, jika melihat data lightning detector, terlihat distribusi sambaran kilat atau petir pada 10 Mei 2020 pukul 23.00 WIB hingga 11 Mei 2020, pukul 05.00 WIB.

Adapun sambaran kilat atau petir tersebut sebagian besar terkonsentrasi pada pegunungan tengah dan pesisir selatan Jawa Tengah, sedikit sebaran juga terdapat di sekitar Solo, Klaten, dan Kendal.

Achadi menyebutkan, indikasi awal suara dentuman apabila terdengar secara terpisah dan dalam waktu berlainan adalah suara petir.

\"Bisa jadi merupakan suara petir,\" katanya, seperti dilansir Tribunews.

2

Namun apabila terdengar secara bersamaan atau ada perbedaan waktu yang relatif kecil dan dalam area yang luas, maka perlu kajian lebih lanjut,\" kata Achadi.

Ia mengungkapkan, banyak faktor yang bisa menyebabkan suara dentuman tersebut.

\"Beberapa sumber suara yang bisa memicu, antara lain sonic boom (shock waves/gelombang kejut) dari pesawat jet ketika terbang melebihi kecepatan suara,\" ujar dia. (yud)

Tags :
Kategori :

Terkait