Saka Adhyasta Ikuti Diklatsar Virtual

Kamis 14-05-2020,04:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

MAJALENGKA- Adanya Pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat Saka Adhyasta Gerakan Pramuka Kabupaten Majalengka untuk mengikuti Pendidikan dan pelatihan Dasar (Diklatsar) di Kantor Bawaslu Kabupaten Majalengka, kemarin.

Kegiatan Diklatsar dibuka Ketua Kwarda Gerakaan Pramuka Jawa Barat, H Dede Yusuf Macan Efendi yang disiarkan langsung secara virtual sekitar pukul 10.00WIB diikuti seluruh Kwarcab se-Jawa Barat. Hadir pada acara pembukaan Diklatsar online tersebut Ketua Bawaslu Kabupaten Majalengka, H Agus Asri Sahbana SAg MSi didampingi Sekretaris yang juga Ketua Pimpinan Saka Adhyasta Pemilu Cabang Majalengka, Nana Rukmana SH MH beserta para pengurus Kwarcab, dan DKC Kabupaten Majalengka.

Andalan Kwarcab Kabupaten Majalengka, Adam Suhara menyebutkan pelaksanaan Diklatsar se-Jawa Barat dilakukan secara virtual yang diikuti 224 peserta se-Jawa Barat dan peserta dari Kabupaten Majalengka berjumlah 8 orang.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Majalengka, H Agus Asri Sabana SAg MSi menyatakan Diklatsar Saka Adhyasta Pemilu tingkat Jabar diselenggarakan secara virtual mulai 12 hingga 14 Mei 2020 yang melibatkan kabupaten/kota se Jabar. Menurutnya, kegiatan ini diselenggarakan dengan memberikan pemahaman-pemahaman tentang kepemiluan dan pentingnya proses pemilu itu diawasi. Bawaslu memandang penting melibatkan pramuka dalam proses kepemiluan, karena pramuka sudah teruji netralitas dan independensinya dalam kontestasi politik.

“Oleh karenanya hal itu sejalan dengan tujuan Saka Adhyasta ini dibentuk yakni meningkatnya partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu demi mewujudkan pemilu yang luber, jurdil demokratis dan berkualitas,” jelasnya.

Diklatsar ini juga untuk menyiapkan SDM yang andal. Agus juga menambahkan dalam setiap proses pemilu akan selalu melibatkan pramuka sebagai mitra strategis Bawaslu.(ara) 

Tags :
Kategori :

Terkait