Sekolah Bersiap Hadapi PPDB Online

Kamis 14-05-2020,14:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON- Jelang pergantian tahun ajaran baru, sekolah ancang-ancang untuk mempersiapkan tahapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020. Namun akibat adanya pandemi Covid-19 membuat beberapa tahapan berubah. Seluruh prosesnya menggunakan sistem daring. Demi menghindari adanya kerumunan pendaftar yang datang.

Pelaksanaan PPDB tahun ini akan dibagi dua tahap. Tahap pertama untuk jalur prestasi, jalur afirmasi, dan jalur perpindahan yang akan dilaksanakan pada 8-12 Juni 2020. Sedangkan tahap kedua untuk jalur zonasi pada 25 Juni-1 Juli 2020.

Wakasek Humas SMAN 5 Cirebon, Intan Novithalia mengatakan, di SMAN 5 Cirebon sendiri, pihaknya telah menerima petunjuk teknis pelaksanaan PPDB 2020 dari Dinas Provinsi Jawa Barat. Sejak itu, pihaknya telah menggencarkan sosialisasi melalui spanduk spanduk dan media sosial serta website yang dimiliki. \"Petunjuk teknis dari KCD sudah ada. Makanya kita mulai melakukan sosialisasi,\" ungkap Intan, kepada Radar Cirebon, Rabu (13/5).

Pelaksanaan PPDB Tahun 2020/2021 Jabar sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 44 Tahun 2019 dan Peraturan Gubernur (Pergub) Jabar Nomor 37 Tahun 2020 tentang PPDB pada SMA/SMK/SLB.

Terdapat empat jalur pada PPDB SMA yakni jalur zonasi dengan kuota minimal 50 persen, prestasi dengan kuota minimal 25 persen, afirmasi atau ekonomi tidak mampu dengan kuota minimal 20 persen, dan perpindahan orang tua dengan kuota minimal lima persen.

\"Kalau di SMAN 5 kuotanya sebanyak 360 peserta didik untuk 10 rombel. Sehingga untuk jalur zonasi diperuntukan untuk 180 siswa, jalur prestasi untuk 90 siswa, afirmasi untuk 72 siswa dan jalur perpindahan orang tua 180 siswa,\" jelasnya.

Sementara itu, pelaksanaan PPDB bagi sekolah sekolah swasta telah dilakukan sudah jauh jauh hari. Di SMP Telkom Sekar Kemuning, pelaksanaan PPDB telah dibuka sejak bulan januari lalu. untuk proses pendaftaran siswa sendiri,  semuanya dilakukan secara online.

2

Kepala SMP Telkom Sekar Kemuning Muryadi SH mengatakan, adanya pandemi Covid-19 telah sedikit banyak mempengaruhi pelaksanaan sosialisasi kepada para calon siswa. Meski begitu, pihaknya mengaku pelaksanaan PPDB di SMP Telkom Sekar Kemuning masih berjalan on the track.

\"Sampai saat ini sudah ada 73 pendaftar atau sekitar 2 rombel. Sudah cukup bagus. Tapi kita sendiri menargetkan 3 rombel. Mudah mudahan sampai tahun ajaran baru dimulai, kuotanya sudah terpenuhi semua\" ungkapnya. (awr)

Tags :
Kategori :

Terkait