Badan Hisab Rukyat Daerah Kabupaten Cirebon Tidak Lihat Hilal

Jumat 22-05-2020,23:55 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) Kabupaten Cirebon melakukan pemantauan hilal di pantai baro Gebang, Jumat (22/5) petang. Hasil pemantauan tersebut, BHRD Kabupaten Cirebon tidak melihat hilal di pantai Gebang akibat tertutup awan mendung.

Ketua BHRD Kabupaten Cirebon KH Samsudin mengatakan, telah melakukan pemantauan hilal di Pantai Gebang. “Hasil pelaksanaan rukyatul hilal, hilal tidak nampak karena cuaca mendung. Kalau mengikuti teori ilmu falak, derajat bulannya di bawah ufuk minimal tiga derajat,” ujarnya.

BHRD Kabupaten Cirebon sudah melaporkan kepada pemerintah pusat terkait pemantauan hilal di Pantai Gebang. “Kita hanya melakukan rukyatul hilal saja, adapun melihat atau tidak kita laporkan kepada Kementerian Agama pusat,” tuturnya.

Samsudin mengungkapkan bahwa daerah lain pun di Indonesia belum ada yang melihat hilal. “Berdasarkan informasi yang kami terima, daerah lain pun di Indonesia yang melakukan pemantauan belum ada satu pun yang melihat hilal,” ujarnya.

Namun, jika ada satu daerah saja yang melihat hilal, maka Idul Fitri ditetapkan pada Sabtu (23/5). “Kalau ada satu daerah saja di NKRI yang melihat hilal satu saja itu sudah bisa ditetapkan Lebaran besok,” ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Agama (Menag) Fachrul Rozi menetapkan Hari Raya Idul Fitri 2020 jatuh pada Minggu (24/5). Penetapan hari raya tersebut berdasarkan hasil Sidang Isbat, Jumat (22/5). (den)

Tags :
Kategori :

Terkait