Di Lapas Klas 1 Cirebon, Kunjungan Dilakukan Secara Online, Bungkusan Makanan Disemprot dan Dijemur 15 Menit

Minggu 24-05-2020,13:14 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON- Lapas Kelas l Cirebon atau Lapas Kesambi memberikan pelayanan besukan atau kunjungan keluarga napi atau Warga Binaan Pemasyarakat (WBP) yang hendak merayakan lebaran. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona baru atau Covid-19 ke dalam lingkungan lapas.

Selain itu, pihak lapas juga menyediakan wastafel cuci tangan dan penyemprotan disinfektan. Pengunjung yang hendak masuk juga harus melewati pemeriksaan suhu tubuh terlebih dahulu.

https://youtu.be/BtSXxdr5Br0

Kasi Bimkemas Lapas Klas 1 Cirebon Erfin Setiawan SSos MSi menjelaskan langkah itu harus dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19 di dalam lapas. Di mana di dalamnya, terdapat para WBP atau napi yang berinteraksi secara intens satu dengan lainnya.

 \"Nah, kunjungan masih dilakukan tapi tetap berdasarkan protokol kesehatan dari atas. Untuk itu kami ganti dengan kunjungan atau besukan secara online dengan aplikasi zoom,\" ungkapnya kepada Radar, Minggu (24/5).

https://youtu.be/1oozgnR6eMU

Erfin melanjutkan, pihaknya menyediakan 2 unit komputer bagi napi. Sementara bagi pengunjung, juga disediakan 2 komputer yang berada di ruang Wasrik. Masing-masing napi mendapat jatah 15 menit untuk bercengkrama dengan keluarganya.

\"Baik napi maupun keluarganya tidak bisa ketemu langsung. Napi kita sediakan tempat di aula. Sementara bagi pengunjung kita sediakan di ruang Wasrik,\" lanjut Erfin.

Sementara itu untuk bungkusan makanan yang dibawa oleh keluarga napi, pihaknya juga melakukan pemeriksaan secara ketat. Setelah dipastikan tak terdapat barang barang yang mencurigakan, pihaknya akan menjemur bungkusan tersebut selama kurang lebih 15 menit. Tentunya setelah semua makananya telah tertutup rapat.

2

\"Sebelum sampai ke tangan napi kita juga semprot dengan disinfektan. Ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 masuk ke dalam Lapas,\" pungkasnya. (awr)

Tags :
Kategori :

Terkait