700 Rumah di Desa Ambulu Terendam Rob

Jumat 05-06-2020,12:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Ratusan rumah di Desa Ambulu, Kecamatan Losari terendam banjir rob, Kamis petang (4/6). Banjir rob yang merupakan banjir tahunan ini, tahun 2020 ini terhitung paling parah.

Salah satu warga Blok Manis, Wahidin kepada Radar Cirebon mengatakan, banjir rob terjadi hampir setiap sore petang. “Sudah empat hari ini setiap sore jam 5 selalu banjir rob di sini,” ujarnya.

Ketinggiannya mencapai 60 cm. Sehingga, airnya sampai masuk ke rumah-rumah warga. Baginya, banjir rob kali ini merupakan yang terparah.

“Banjir rob memang terjadi setiap tahun. Tetapi tahun kemarin-kemarin nggak sampai masuk ke pemukiman dan perumahan warga. Tetapi banjir tahun ini paling parah karena sudah masuk pemukiman warga,” bebernya.

Terpisah, Kuwu Ambulu, Sanuji mengatakan, ada ratusan rumah di desanya yang terendam banjir. “Hampir setengah desa saya terendam banjir rob. Ada total 700 rumah yang terendam banjir,” tuturnya.

Sama dengan warga, Kuwu Sanuji juga mengakui banjir rob tahun 2020 ini, cukup parah. Dari tahun ke tahun, banjir robnya semakin parah. Dulu tidak sampai masuk rumah, sekarang justru 700 rumah yang terendam banjir.

Sanuji mengungkapkan, tidak hanya desanya saja yang terendam banjir rob. Tetapi secara nasional. Yakni seluruh pantai utara Jawa.

2

“Ini hari yang keempat. Air laut mulai masuk perumahan warga jam 17.00 WIB dan surut mulai jam 11 malam,” pungkasnya. (den)

Tags :
Kategori :

Terkait