Kartu Prakerja Gelombang 4 Belum Ada Kepastian

Minggu 21-06-2020,10:22 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

JAKARTA - Kapan Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka? Hingga saat ini belum ada kepastian. Pemerintah tengah melakukan perbaikan sistem, apalagi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga telah menemukan sejumlah masalah.

Kementerian Koordinator Perekonomian buka-bukaan soal kapan Kartu Prakerja gelombang 4 dibuka. Sejak pertengahan Mei pendaftaran program vokasi Presiden Joko Widodo ini telah dihentikan sementara.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kemenko Perekonomian Rudy Salahuddin mengatakan, saat ini pemerintah sedang melakukan perbaikan tata kelola pelaksanaan Kartu Prakerja yang dipimpin oleh Jamdatun (Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara).

Ketika ditanya kapan Kartu Prakerja gelombang 4 akan dibuka, Rudi mengungkapkan sampai tata kelola baru selesai dan berbagai pembenahan dilakukan.

\"Sampai tata kelola yang baru ini jadi dulu dong.Bukan haya Perpres, tapi nanti ada aturan-aturan turunannya. Mungkin ada yang perlu diubah dari Permenko, dan ini yang harus kita selesaikan dulu. Jadi basis kita untuk menjalankan itu dengan tata kelola yang baru,\" ujar Rudi kepada CNBC.

Berdasarkan catatan lembaga antirasuah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pemerintah terkait Kartu Prakerja. Pertama, proses pendaftaran peserta. KPK menilai PMO belum memaksimalkan utilisasi NIK untuk validasi peserta.

Kedua, platform digital sebagai mitra kerja dalam program Kartu Prakerja. KPK melihat adanya masalah BA-BUN dalam program tersebut. Penunjukkan platform digital juga tidak dilakukan oleh PMO.

2

KPK juga menengarai adanya konflik kepentingan antara platform digital dan lembaga pelatihan.

Kemudian, pelaksanaan program Kartu Prakerja. KPK menilai metode pelaksanaan program tersebut berpotensi fiktif, tidak efektif, dan merugikan keuangan negara. (yud/jp)

Tags :
Kategori :

Terkait