Awas, Wajah Merah Tanda Penyakit Jantung

Minggu 12-07-2020,04:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

WANITA yang kerap mengalami wajah memerah, terkhusus pada pipi kanan dan kiri perlu perhatian khusus. Kondisi tersebut bisa petanda adanya penyakit jantung.

PADA dasarnya penyakit jantung itu ada tiga. Gagal jantung, jantung koroner, dan aritmia. Untuk wajah memerah, itu salah satu tanda gagal jantung. Demikian disampaikan Spesialis Jantung dan Pembulu Darah RS Ibnu Sina, dr Iwan Wisudawan SpJP. “Gagal jantung karena kelainan katup,” ujarnya kepada FAJAR, Senin, 6 Juli.

Namun demikian, lanjutnya wajah memerah bukanlah satu-satunya tanda, melainkan harus disertai dengan kesulitan bernapas. Selain itu, petanda kemerahan juga terlihat simetris pada pipi kiri dan kanan. Secara ilmiah dikatakan, terlihat bagaikan sayap kupu-kupu. Jadi sangat berbeda dari kemerahan wajah karena bakteri.

Hal itu disebabkan adanya gangguan aliran darah dari jantung ke bagian tubuh lainnya.Sebab, terkadang katup tidak dapat membuka atau menutup dengan sempurna.

“Tetapi bukan karena kelainan katup saja, juga karena endokarditis atau infeksi pada jantung,” jelasnya.

Paling jelas adalah wajah memerah disertai sesak napas pada saat beraktivitas. Kondisi menurutnya didominasi pada perempuan. Untuk itu, kata dokter Iwan, jika petanda itu sudah muncul langsung konsultasikan, meski baru pertama kali muncul. “Bisa langsung tes elektrokardiogram atau EKG,” katanya. Kata dia, tes tersebut merupakan yang sederhana untuk mengukur dan merekam aktivitas listrik jantung, karena jika dibiarkan bisa menjadi gagal jantung total. Bahkan bisa jadi serangan jantung.

Terpisah, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, DR Dr Siswanto Wahab SpKK FINSDV FAADV menyampaikan, jika memang kemerahan tiba-tiba di pipi kiri dan kanan, sebaiknya langsung ke dokter jantung dan pembulu darah. ALasannya, ia memastikan hal itu bukan karena krim apa pun, tetapi karena penyakit kronik.“Karena kondisi itu berkaitan langsung dari pembulu darah,” tuturnya. (sal)

Tags :
Kategori :

Terkait