Jangan Beli Buah dan Sayur yang Sudah Dipotong-potong, Ini Alasannya

Jumat 17-07-2020,03:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

SAAT Anda pergi ke supermarket, biasanya banyak disajikan sayuran dan buah-buahan yang sudah dipotong-potong.

Tujuannya untuk memudahkan Anda dalam memasak sayur, seperti sayur sop, sayur asem, sayur lodeh, dan lainnya. Buah juga sudah dipotong-potong kecil, sehingga Anda hanya tinggal memakannya. Tentu, ini sangat memudahkan Anda di tengah kegiatan Anda yang sangat banyak.

Namun, apakah sayur dan buah yang sudah dipotong di supermarket masih baik untuk dibeli?

Apakah sayur dan buah yang sudah dipotong masih baik untuk dibeli? Banyak supermarket menawarkan sayuran dan buah-buahan yang sudah dipotong-potong untuk memudahkan Anda. Di satu sisi, ini memang memudahkan pekerjaan Anda, namun di sisi lain sayur dan buah yang sudah dipotong tentu mempunyai kualitas yang berbeda dengan yang belum dipotong.

2

Berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa sayur dan buah yang sudah dipotong tidak sebaik sayur dan buah yang belum dipotong.

1. Sudah tidak segar

Kesegaran sayur dan buah yang sudah dipotong dan belum dipotong tentu berbeda. Pemotongan sayuran dan buah-buahan dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel dalam sayur dan buah.

Sehingga, hal ini dapat mengakibatkan terjadinya perubahan warna, rasa, tekstur, dan kelembaban sayur dan buah. Kandungan air dalam sayur dan buah yang sudah dipotong tentu bisa menguap, sehingga akan mengurangi kelembabannya. Hal ini juga dapat mengurangi umur simpan sayur dan buah. Wortel yang sudah dipotong kecil-kecil tentu tidak bisa disimpan dalam waktu yang lama dibandingkan dengan wortel yang sudah dipotong. Kentang yang sudah dipotong juga bisa mengalami perubahan warna  menjadi kecokelatan. Dan, perubahan lainnya yang bisa terjadi.

Tags :
Kategori :

Terkait