Minat Berkarir di Industri Penerbangan? UMC Buka Jurusan Transportasi Udara

Kamis 10-09-2020,18:30 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) memiliki jurusan transportasi udara. Jurusan ini untuk masyarakat atau calon mahasiswa-mahasiwi yang ingin berkarir di industri penerbangan Indonesia.

Mungkin di berberapa kalangan masyarakat masih asing terdengar dengan jurusan tersebut. Jurusan ini terdapat D3 Ilmu Kehumasan Transportasi Udara yang sudah terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

D3 Ilmu Kehumasan Transportasi Udara (KTU) ini cukup menarik perhatian. pasalnya, jurusan ini hanya satu-satunya di Cirebon bahkan di Jawa Barat. Lulusanya pun akan mudah terserap dan memiliki lapangan kerja yang luas di berbagai sektor industri penerbangan.

Baca juga:

Peradi Persoalkan Advokat Bawa Nama Lembaga Dukung Luqman Zulkaedin

Ngilu, Ibu-ibu Jatuh dari Angkot Nyaris Terlindas

Selang Sehari, Kawanan Rampok Kembali Sasar Minimarket di Cirebon, Gasak Duit Rp 33 Juta

2

\"Industri penerbangan tidak ada matinya, kecuali saat ini ya karena dihantam Covid 19 penerbangan lumayan lesu. Tapi ke depan jika pandemi ini selesai industri penerbangan mulai bangkit 100 persen, maka pasti membutuhkan SDM banyak sekali. Dan ini merupakan peluang kerja bagi mahasiswa D3 KTU UMC,\" ujar Anton Octavianto salah satu dosen di D3 Ilmu Kehumasan Transportasi Udara yang juga praktisi penerbangan kepada radarcirebon.com, Kamis (10/9).

Sementara, Staf Bagian Kurikulum Jurusan D3 Ilmu Kehumasan Transportasi Udara (KTU), Atikah indriyati mengatakan, pola penerapan kegiatan belajar mengajar di jurusan D3 KTU yaitu 40 persen ilmu kehumasan (komunikasi), 40 persen ilmu penerbangan, dan 20 persen ilmu umum.

\"Mahasiwa akan jalani perkuliahan selama 3 tahun kemudian di jelang akhir semester mahasiswa akan diikuti program visit airport dan On Job Training (OJT). Ini tujuanya agar mendaptkan ilmu selama perkuliahan di kelas. Dan mahasiswa juga di harapkan mampu mengaplikasikanya melalui praktik langsung ke lapangan yaitu bandara, atau kantor instansi pemerintah maupun maskapai,\" katanya.

Perihal lapangan kerja, Atikah menuturkan, sangat terbuka dan banyak peluang sekali. Bagi lulusannya bisa langsung bekerja di industri penerbangan di berbagai divisi.

\"Bisa bekerja baik di ground staff, pramugari, publci relation maskapai atau bisa juga di instansi pemerintah yang menaungi penerbangan Indonesia dalam hal ini adalah Angkasa Pura,\" sebutnya.

Masih kata Atikah, untuk pendaftaran mahasiswa baru masih dibuka. \"Tentukan pilihan untuk masa depan cemerlang bersama D3 Kehumasan Transportasi Udara UMC,\" pungkasnya. (rdh/opl)

https://youtu.be/RFCZ6_hKj1Y

Tags :
Kategori :

Terkait