KAI Daop 3 Cirebon Siapkan 74 Ribu Tiket untuk Masa Angkutan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026
KAI Daop 3 Cirebon Siapkan 74 Ribu Tiket untuk Masa Angkutan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026-Humas KAI-Radar Cirebon
“KAI mengimbau kepada masyarakat agar jangan lupa merencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi waktu menuju stasiun. Tiket KA Nataru 2025/2026 sudah dapat dipesan sejak 3 November 2025 melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta seluruh channel resmi pemesanan tiket,” ujarnya.
Muhib juga menjelaskan selama masa posko Nataru, KAI Daop 3 Cirebon mengoperasikan 170 perjalanan kereta api per hari, termasuk 32 perjalanan KA tambahan selama Nataru yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan. Prediksi pada puncak Angkutan Nataru di Daop 3 Cirebon yaitu pada 4 Januari 2026 dengan volume sebesar 9.423 penumpang.
BACA JUGA:Presiden Prabowo Janjikan Bonus Rp1 Miliar untuk Peraih Emas SEA Games 2025 Thailand
Dari sisi kesiapan armada, Daop 3 Cirebon menyiapkan 14 lokomotif, yang terdiri dari 10 lokomotif seri CC 206 dan 4 lokomotif seri CC 201. Sedangkan untuk kereta, Daop 3 Cirebon menyiapkan 72 unit kereta yang siap beroperasi, meliputi 27 kereta eksekutif, 1 kereta bisnis, 27 kereta ekonomi, 9 kereta makan (kelas 1), 7 kereta pembangkit, dan 1 kereta bagasi. Penggunaan sarana Kereta New Generation Stainless Steel pada Kereta Api Ranggajati juga turut menjadi bentuk strategi peningkatan pelayanan dari Daop 3 Cirebon.
Muhib juga menegaskan bahwa seluruh pekerjaan pemeliharaan prasarana terus dilakukan sebelum periode Angkutan Nataru dimulai, termasuk penggantian rel, wesel, bantalan rel, serta pembatasan kecepatan di sejumlah titik yang mengalami penurunan elevasi.
“Pemeliharaan ini sangat penting untuk menjamin keselamatan perjalanan dan menjaga ketepatan waktu operasional kereta api, dan dipastikan akan selesai sebelum masa Angkutan Nataru” Ungkapnya.
Selain itu, Muhib mengatakan Daop 3 Cirebon juga mempersiapkan pelayanan yang ramah lingkungan dan berkontribusi pada penurunan emisi karbon. Seperti penyediaan Drinking Water Station di Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan, dan Stasiun Jatibarang, penyediaan Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan guna mempercepat proses boarding dan pengurangan kertas, penyediaan loket box tambahan di 7 stasiun wilayah Daop 3 Cirebon, serta sistem pemesanan tiket online yang mudah digunakan dan dapat dilakukan 30 menit sebelum keberangkatan KA.
BACA JUGA:Liburan Akhir Tahun di Bandung: Panduan Liburan Hemat Tapi Tetap Seru untuk Semua
“Dengan seluruh upaya ini, KAI siap memastikan dan memberikan layanan yang aman, nyaman, dan andal bagi seluruh pelanggan,” Tutup Muhib.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:


