Bawaslu Bakal Gelar Sekolah Kader

Bawaslu Bakal Gelar Sekolah Kader

MAJALENGKA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Majalengka sejak setahun terakhir ini sudah menggelar Sekolah Kader Pengawasan Partisipan (SKPP) sebanyak tiga kali.

Kegiatan serupa akan segera digelar beberapa waktu ke depan. Ketua Bawaslu Kabupaten Majalengka, H Agus Asri Sabana SH mengatakan, SKPP sebelumnya dilaksanakan oleh Bawaslu tingkat kabupaten hingga pusat.

\"SKPP pertama diselenggarakan Bawaslu provinsi, kedua oleh kabupaten dan terakhir oleh pusat. Nanti yang akan datang ini, diselenggarakan provinsi lagi,\" ujar Agus, Rabu (21/10).

Ia mengungkapkan untuk SKPP keempat yang dihelat provinsi nanti, ada perbedaan dalam hal kepesertaan. Pada pelaksanannya nanti, para peserta SKPP tersebut merupakan rekomendasi dari kabupaten.

\"Provinsi minta rekomendasi sebanyak lima orang, tapi nanti diambilnya tiga orang. Lima orang ini merupakan peserta terbaik dari SKPP sebelumnya. Tiap kabupaten dan kota di Jabar nantinya mengirimkan tiga orang,\" jelasnya.

Disebutkan, SKPP yang dihelat beberapa kali itu tidak terlepas dari keinginan Bawaslu untuk menciptakan masyarakat yang lebih peduli dalam hal pengawasan pemilu. Sehingga masyarakat bisa menjadi mitra pengawas pemilu. Para kader pegawasan pemilu sendiri, lanjut dia, nantinya bisa menjadi penyambung lidah untuk mengajak masyarakat, komunitas atau orang-orang terdekatnya memahami pentingnya pengawasan pemilu. (ono)

https://www.youtube.com/watch?v=jXrNGbsHbuc

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: