Gempa Terasa sampai Kuningan, Puluhan Rumah Rusak di Pangandaran-Ciamis

Gempa Terasa sampai Kuningan, Puluhan Rumah Rusak di Pangandaran-Ciamis

PANGANDARAN - Puluhan rumah warga rusak akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,9 yang berpusat di Pangandaran, Minggu (25/10) pagi.

Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Provinsi Jawa Barat Budi Budiman mengatakan lokasi terdampak gempa bumi ini tersebar di sejumlah daerah.

Lokasi terdampak di Kabupaten Pangandaran empat kecamatan dan empat desa, di Kabupaten Ciamis enam kecamatan dan tujuh desa, di Kabupaten Tasikmalaya empat kecamatan dan empat desa, di Kabupaten Garut satu kecamatan satu desa dan di Kota Tasikmalaya.

Dalam kejadian ini 29 rumah di sejumlah daerah mengalami rusak ringan, hingga rusak berat. Di Kabupaten Pangandaran 5 unit rumah rusak ringan, Kabupaten Ciamis 13 rumah rusak sedang dan ringan, Kabupaten Tasikmalaya tujuh rumah rusak ringan, Kabupaten Garut satu rumah rusak berat dan Kota Tasikmalaya dua rumah rusak ringan dan satu rumah rusak sedang.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya ada tiga orang yang mengalami luka ringan. \"Tiga orang luka ringan, dua orang warga Kabupaten Ciamis dan satu orang warga Kota Tasikmalaya,\" katanya.

Dalam kejadian ini, BPBD Provinsi Jawa Barat terus berkoordinasi dan memantau kondisi terkini terhadap seluruh kabupaten kota terdampak.

Selain itu, BPBD kabupaten kota masih melakukan assesment ke lokasi-lokasi kejadian sambil memberikan himbauan kepada warga setempat agar selalu waspada dan siaga karena di lokasi juga saat ini sedang turun hujan.

\"Kondisi saat ini masih melakukan pendataan dan menunggu laporan dari beberapa kecamatan. Korban luka-luka sudah dilarikan ke klinik terdekat,\" ujarnya.

Gempa magnitudo 5,9 mengguncang Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat Minggu (25/10) pagi sekitar pukul 07.56 WIB. Getaran gempa dirasakan hingga Kabupaten Kuningan yang berjarak 121 kilometer.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan Indra Bayu mengatakan getaran gempa Pangandaran terasa di sejumlah titik di Kabupaten Kuningan.

\"Di beberapa wilayah (keras getarannya). Terutama wilayah Kuningan selatan terlaporkan ada terasa beberapa getaran,\" ungkap Indra saat dihubungi.

Indra juga memastikan tidak ada dampak kerusakan dari gempa yang terjadi itu. \"Menurut pantauan dari Pusdalops tidak ada dampak di wilayah Kabupaten Kuningan sampai saat ini,\" ujarnya. (yud)

https://www.youtube.com/watch?v=jXrNGbsHbuc&t=317s

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: