Ini Para Artis yang Berhenti Kredit dan Hindari Dosa Riba

Ini Para Artis yang Berhenti Kredit dan Hindari Dosa Riba

JAKARTA– Banyak orang yang menyadari dosa riba dalam bertransaksi di era modern saat ini. Di antara yang dihindari adalah perkreditan atau meminjam uang di Bank konvensional.

Rangkuman FIN, setidaknya ada beberapa artis yang berusaha menghindari kredit karena dianggap riba dengan beban dosa yang besar menurut pandangan Islam. Berikut di antaranya:

Pasangan artis Zaskia Sungkar dan suami Irwansyah Hindari pinjam uang di Bank. 

Pasangan ini baru saja membangun rumah di wilayah Ibu Kota Jakarta. Selama ini, keduanya tinggal di sebuah apartemen.

Pasangan yang menikah pada 15 Januari 2011 ini mengakui tidak meminjam uang di bank untuk proses pembangunan rumah. Hal itu karena dianggap ad unsur riba. Jalan satu-satunya, mereka menjual dua buah apartemen milik keduanya. Uangnya kemudian dibangun rumah.

“Karena kita ngga mau kredit sama sekali, kita lagi berusaha doain mudah-mudahan istiqomah. Jadi akun jual dua apartemen aku yang ada di Permata Hijau sama yang ada di Pakubuwono,” jelas Zaskia Sungkar di Chanel YouTubenya belum lama ini.

Zaskia mengatakan, keputusan pindah rumah itu dilakukan sebab dirinya dan Irwansyah sedang menanti kelahiran sang buah hati pertamanya.

“Jadi kita putusin untuk pindah rumah, karena selama ini kita tinggal di apartemen kan. Jadi kita jual apartemen kita, karena, kita ngga mau ada riba, lagi berusaha, jadi semua pelan-pelan.” Ujar Zaskia Sungkar.

Fivey Rachmawati potong kartu kredit.

Aktris cantik Fivey Rachmawati atau yang akrab disapa Five Vi, kini semakin mantap berhijrah. Pemeran film Hantu Binal Jembatan Semanggi (2009) ini, bahkan semakin religius setelah mendalami halal dan haram dalam Islam.

Bukan saja bercadar, hal-hal yang mengandung dosa riba juga dia tinggalkan. Misalnya perkreditan. Jauh sebelum hijrah, Five Vi terlibat dalam Kredit Pemilikan Rumah (KPR), namun setelah mendalami ilmu agama soal riba, artis 40 tahun mengaku berhenti dari kegiatan kredit tersebut.

“Aku belum tahu KPR (Kredit Pemilikan Rumah) itu riba. Jadi saya ada cicilan juga tapi bismillah karena saya sudah tahu itu semua ya bismillah (berusaha berhenti),” kata Five Vi kepada wartawan, Ahad (18/10).

Five bahkan mengaku telah memotong kartu kreditnya setelah mengetahui bahwa dosa riba itu berat hukumannya. “Bahkan saya kemarin sampai motong kartu kredit saya. Sudah nggak mau lagi saya, berat hukumnya. Saya nggak perlu dunia,” ujar Five Vi.

Ivan Gunawan potong kartu kredit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: