Gempa Bumi Tektonik M4.0 Kabupaten Bandung, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Bumi Tektonik M4.0 Kabupaten Bandung, Tidak Berpotensi Tsunami

BANDUNG – Hari ini, Minggu, 1 November 2020 pukul 21.34 WIB, wilayah Kabupaten Bandung dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M 4.0. Episenter terletak pada koordinat 7.20 LS dan 107.60 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 21 km Tenggara Kabupaten Bandung pada kedalaman 5 kilometer.                

Kepala BMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho ST MSi menjelaskan, jenis dan mekanisme dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Garsela.  

Berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kecamatan Pangalengan dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu ).

Di Kecamatan Ciparay, Majalaya dan Baleendah dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Kemudian Kecamatan Parompong I MMI (Getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang).  Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Hingga pukul 22:00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tukas Hendro. (yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: