Kreativitas Anak ITB Siap Gebrak Kota Cirebon

Kreativitas Anak ITB Siap Gebrak Kota Cirebon

Biaya kuliah terkadang menjadi salah satu permasalahan bagi para calon mahasiswa/i yang akan mendaftarkan dirinya menuju pendidikan tinggi. Namun beasiswa hadir sebagai solusi yang bisa memberi beberapa manfaat kepada penerimanya, seperti keringanan biaya kuliah, mendapatkan uang tunjangan, bahkan bisa mendapatkan relasi sesama penerima beasiswa.

Banyak sekali jenis beasiswa yang diberikan dari berbagai macam pihak, contohnya seperti beasiswa Bidikmisi yang diberikan oleh Pemerintah Pusat dan berfokus kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik yang baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Lalu ada beasiswa Jabar Future Leader Scholarship (JFLS), yaitu beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan berfokus kepada mahasiswa yang berasal dari Jawa Barat dan informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini dapat dilihat di laman: https://beasiswa-jfl.disdik.jabarprov.go.id/. Beasiswa JFLS ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu kategori prestasi akademik dan non-akademik.

ITB adalah suatu institusi pendidikan yang terus berfokus dalam pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia. Sebagai bukti konkret, ITB mendirikan dan membuka kampus baru yang diawali dengan pengesahan ITB Kampus Jatinangor pada tahun 2013.

Selanjutnya, karena adanya kepentingan dan desakan untuk mengembangkan ITB lebih lanjut, dan juga untuk menampung minat dan jumlah mahasiswa yang sudah tidak lagi tercukupi di ITB Kampus Ganesha, ITB mendirikan dan mengesahkan Kampus Cirebon pada tahun 2016.

Pendirian tersebut juga merupakan bentuk pengembangan dan pemerataan pendidikan oleh ITB bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

ITB Kampus Cirebon pada awalnya didirikan dengan tiga fakultas dan tiga jurusan diantaranya, Fakultas Teknik Industri dengan prodi Teknik Industri, Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan dengan prodi Perencanaan Wilayah dan Kota, dan Fakultas Seni Rupa dan Desain dengan prodi Kriya.

Namun  atas permintaan pemerintah kabupaten cirebon untuk menambah beberapa prodi yang mendukung pengembangan  lingkungan Jawa Barat utara khususnya Ciayumajakuning dibentuk kembali beberapa fakultas yang kiranya memiliki lapangan kerja di wilayah tersebut.

Di antaranya Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan dengan prodi Teknik Geofisika, Teknik Pertambangan dan Teknik Perminyakan selain itu Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian dengan prodi Oseanografi. Ke depannya ITB Kampus Cirebon sebagai multikampus akan menambah program studi hingga total 22 Program studi selama 30 tahun kedepan. 

Pendidikan termasuk pendidikan tinggi menjadi penting untuk mengusahakan upaya Indonesia Emas 2045. Upaya tersebut diharapkan dapat menjamin kualitas sumber daya manusia dengan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia guna membangun generasi emas penerus bangsa.

Salah satu gerakan mahasiswa ITB untuk ikut andil dalam menyebarkan informasi dan semangat pendidikan tinggi adalah terselenggaranya acara Aku Masuk ITB 2021. Aku Masuk ITB 2021 atau AMI 2021 merupakan rangkaian acara yang bertujuan untuk menyebarkan semangat pendidikan tinggi.

AMI 2021 terdiri dari main event dan pre-event seperti Cerita Inspiratif, Lomba, Roadshow, TONAMPTN dan ITB Day yang dikemas secara virtual. Seluruh rangkaian ditujukan untuk memperkenalkan pentingnya pendidikan tinggi dan ITB ke masyarakat khususnya siswa/i SMA di Indonesia. Ingin tahu ITB lebih lanjut? Kunjungi website akumasukitb.com dan social media AMI 2021 instragram.com/akumasukitb dan linktr.ee/akumasukitb. (adv)

Oleh: Tim Bidang Materi dan Metode Aku Masuk ITB 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: