Cuaca Buruk, Harga Bumbu Dapur Naik

Cuaca Buruk, Harga Bumbu Dapur Naik

INDRAMAYU - Dampak dari cuaca buruk belakangan ini ternyata berdampak pada kenaikan harga cabai dan sejumlah bumbu dapur. Pedagang di Pasar Tradisional Indramayu berharap pemerintah turun tangan stabilkan harga.

\"Iya harga cabai rawit hijau per kilo Rp45 ribu, sebelum kenaikan Rp25 ribu. Untuk Lombok hijau per kilo Rp20 ribu, dari sebelumnya Rl10 ribu. Lombok merah per kilo Rp35 ribu, dari sebelumnya Rp15 ribu,\" papar pedagang sayur pasar tradisional Indramayu, Sari (45).

Selain harga cabai, beberapa bumbu dapur pokok seperti bawang merah dan bawang putih juga ikut naik. Hal ini dikarenakan dampak dari cuaca buruk yang menyebabkan beberapa daerah penghasil bumbu dan sayuran mengalami penurunan produksi panen, sehingga barang menjadi langka.

\"Harga bawang putih sekarang per kilo Rp25 ribu, sebelumnya hanya Rl15 ribu. Harga bawang merah per kilo Rp30 ribu, sebelumnya Rp20 ribu. Daun bawang per ikat Rp8 ribu, sebelumnya Rp4 ribu. Harga tomat naik dua kali lipat dari Rp3 atau Rp4 ribu menjadi Rp7 ribu,\" imbuhnya saat dikonfirmasi Radar Indramayu di sela berdagang.

Sejumlah pedagang bahkan ada yang menjual cabai dengan kualitas yang tinggi, seharga Rl60 ribu per kilogram. Mereka berharap pemerintah bisa turun tangan untuk menstabilkan harga, agar terjangkau dengan kondisi kebutuhan rumah tangga golongan menengah ke bawah. (jml)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: