Auto2000 Cirebon Lahirkan Best Platinum Award

Auto2000 Cirebon Lahirkan Best Platinum Award

CIREBON – Auto2000 cabang Cirebon melahirkan member Best Platinum Award. Yakni penghargaan bagi sales yang lebih dari 10 tahun konsisten mencapai target penjualan. Dia adalah Yulia Nurhayati. Sudah 17 tahun selalu melampaui target penjualan.

Hanya ada 4 sales Toyota di seluruh Indonesia yang masuk kategori Best Platinum Award. Itu, dari sekitar 18.000 sales yang ada. Penghargaan dianugrahkan langsung oleh PT Toyota Astra Motor secara daring kemarin. Untuk menjadi Best Platinum Award bukan satu langkah mudah. Sales harus lebihdulu masuk kualifikasi Star Award.

Anugrah Star Award hanya diberikan kepada 100 orang sales terbaik nasional. Kualifikasi penilaian menuju itu beragam. Di antaranya harus mencapai target penjualan, tes pengetahuan produk dan suvey kepuasan pelanggan. Penilaian Star Award dilakukan setiap tahun.

Dari 100 orang itu, yang berhasil mempertahankan penjualan atau selama 4 kali/tahun berturut-turut menjadi member Star Award, berhak naik tingkat menjadi member Platinum Award. Secara nasional, sales yang terdaftar member Platinum Award di seluruh Indonesia hanya ada 13 orang.

Belum cukup pada Platinum Award untuk mengetahui siapa yang terbaik. Masih ada Best Platinum Award atau orang-orang yang berhasil menunaikan pencapaiannya tertinggi. Sales kategori itu, di Indonesia hanya ada 4 orang. Salah satunya Yulia Nurhayati –yang telah 13 tahun berturut-turut berhasil mempertahankan Platinum Award itu.

“Yulia ini termasuk salah satu sales yang kreatif. Dia bisa beradaptasi selama 17 tahun. Selalu melampaui target penjualan di tengah perubahan market, kondisi masyarakat. Sehingga dia bisa menjual secara konsisten,” ujar Kepala Cabang Auto2000 Cirebon Risila Olii.

Target penjualan di konter Auto2000 Cirebon 12 unit tiap bulannya. Atau 144 unit per tahun. Yulia tak pernah kurang dari itu. Termasuk saat awal pandemi menyerang tahun lalu. Risila menambahkan, sebagai kepala cabang sudah seharusnya membina sales untuk mencapai prestasi terbaik. Tindaklanjut di lapangan tergantung individu.

Yulia Nurhayati membagikan kiatnya untuk bisa mempertahankan target penjualan. Perempuan 41 tahun itu berprinsip untuk selalu melayani costumer dengan sepenuh hati. Yulia memiliki tanggungjawab untuk bisa memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen di atas harapan mereka. Seperti mempermudah proses jual-beli tunai atau kredit. Sehingga konsumen tak merasa repot. Dan kembali menghubungi Yulia ketika ingin melakukan repeat order.

“Kemudian prosesnya saya bantu dengan mudah sehingga costumer nyaman. Kalau sudah nyaman akan melakukan pembelian ulang dan mereferensi ke orang terdekat mereka,” papar perempuan yang sejak Oktober 2003 sudah menjadi sales Toyota tersebut.

Sebanyak 85 persen di antaranya konsumen yang ditangani Yulia adalah mereka yang sebelumnya telah melakukan order atau pemesanan mobil. 15 persen sisanya adalah costumer baru. Yulia berhasil memanfaatkan database yang sudah dimiliki dengan maintenance atau pemeliharaan hubungan. Seperti sekadar memberikan ucapan ketika costumer ulang tahun hingga mengingatkan ketika sudah waktunya service rutin.

“Jika seperti itu, rata-rata konsumen itu tidak sampai 3 tahun akan beli lagi dan beli lagi,” jelas alumnus Politeknik ITB tersebut. (ade/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: