Astra Tol Cipali Salurkan CSR untuk 5 SD di Sumberjaya

Astra Tol Cipali Salurkan CSR untuk 5 SD di Sumberjaya

MAJALENGKA - ASTRA Infra Toll Road Cikopo-Palimanan (ASTRA Tol Cipali) menyelenggarakan program Corporate Social Responsibility (CSR) melalui pembinaan lima Sekolah Dasar di Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka.

Pembinaan lima Sekolah Dasar di Kab. Majalengka ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari 4 pilar CSR ASTRA yang terdiri dari Pilar Pendidikan, Pilar Kesehatan, Pilar Penghijauan dan Pilar UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

Sejalan dengan Catur Dharma ASTRA menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara, ASTRA Tol Cipali bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Majalengka dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan khususnya di Kecamatan Sumberjaya.

“Pemilihan enam Sekolah Dasar di Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka ini sudah melalui proses survei mendalam sejak awal tahun 2020. Kami melihat di Sumberjaya ini masih ada beberapa sekolah yang masih memiliki akreditasi kurang baik sehingga untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan khususnya tenaga pengajar untuk itu dipusatkan kegiatan CSR Pendidikan di wilayah Sumberjaya selama 3 tahun kedepan,” jelas Firdaus Azis, Presiden Direktur ASTRA Tol Cipali.

Firdaus juga menambahkan dari 27 Sekolah Dasar Negeri yang ada di Kecamatan Sumberjaya, ASTRA Tol Cipali memusatkan pembinaan terhadap lima sekolah yang berada di wilayah ring 1 atau yang lokasinya berdekatan langsung dengan jalan tol.

Adapun kelima sekolah tersebut terdiri dari SDN Bongaskulon III, SDN Bongaswetan II, SDN Lojikobong II, SDN Cidenok II, dan SDN Garangwangi III. Terkait pelaksanaan program pembinaan Sekolah Dasar tersebut, ASTRA Tol Cipali menggandeng Yayasan Pendidikan Michael D Ruslim (YPA-MDR) sebagai pelaksana program dimana YPA-MDR telah memiliki pengalaman membina 61 sekolah di hampir seluruh wilayah Indonesia mulai dari Jawa, Kalimantan, dan Sumatera.

Melalui program-program unggulannya Ketua Yayasan Pendidikan Michael D. Ruslim, Herawati Prasetyo menjelaskan bahwa pembinaan yang dilakukan salah satunya dapat meningkatkan kepercayaan diri bagi guru dan siswa agar dapat berinovasi dan berprestasi pada ajang lomba yang diselenggarakan tidak hanya oleh Astra saja namun juga beberapa perlombaan yang diselenggarakan di tingkat nasional bahkan internasional.

“Pembinaan di 5 sekolah dasar ASTRA Tol Cipali tidak akan jauh berbeda dengan sekolah binaan kami di wilayah lain yang meliputi bidang akademis yakni peningkatan kompetensi guru, pembinaan karakter dasar, kecakapan hidup dan seni budaya, program pembiasaan, rapat kerja, dan lomba inovasi yang diikuti oleh seluruh sekolah binaan yang diselenggarakan oleh Astra International,” jelas Herawati Prasetyo, Ketua YPA-MDR.

Pembinaan kelima sekolah dasar dimulai dengan 2 program melalui Pemetaan Kompetensi Tenaga Pendidik (PKTP) dan Survei Bidang Pendidikan Karakter yang dilaksanakan pada bulan Februari dan Maret 2021. Pada bulan ini juga telah dilakukan pelatihan bagi tenaga pengajar kelas besar dan kelas kecil pada 7- 8 April 2021 berlokasi di SDN Garangwangi 3. Dari program tersebut didapatkan hasil dalam ketegori kurang dan cuku di mana masih perlunya dilakukan penguatan di berbagai bidang pendidikan.

Melalui pembinaan lima Sekolah Dasar, ASTRA Tol Cipali berharap dapat meningkatkan kompetensi pendidikan sehingga dapat menjadi role model dan mengimbasi bagi sekolah lain di wilayah Majalengka khususnya di Kecamatan Sumberjaya. (rdh/rls)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: