Mudik Dilarang, WN India Malah Eksodus ke Indonesia, Doni Monardo: Imigrasi Tolong Bertindak

Mudik Dilarang, WN India Malah Eksodus ke Indonesia, Doni Monardo: Imigrasi Tolong Bertindak

JAKARTA - Ditengarai terjadi eksodus warga negara India ke Indonesia, di tengah kasus covid 19 yang menggila di negara itu.

Diketahui, mereka masuk ke tanah air melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu malam (21/4).

Adanya eksodus WN India itu diungkapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Kasubdit Karantina Kesehatan Ditjen P2P Kementerian Kesehatan, dr Bengat, menyebut WNA masuk itu sudah dikarantina. Salah satu hotel menjadi lokasi karantina dan para WNA dipantau ketat.

\"Kami sudah memperketat pemantauan karena ada informasi eksodus dari India, untuk Soekarno-Hatta kami sudah mengawasi, ada hotel tempat karantina,\" kata Bengat.

Bengat menyatakan eksodus ini berkaitan erat dengan situasi terkini di India. Negara tersebut dalam beberapa hari terjadi ledakan kasus COVID-19 dan angka kematian sangat tinggi.

Menurut Bengat, daerah Samarinda juga menjadi sasaran eksodus warga India. Bahkan pihaknya sudah menemukan ada warga India yang terkonfirmasi setelah diperika Kemenkes.

\"Ini sudah dibahas dengan pimpinan dan dilakukan pengetatan, kita mau tahu apakah ada varian baru,\" katanya.

Bengat menyebut warga India yang masuk ke Indonesia menggunakan kartu izin tinggal terbatas atau Kitas serta memakai visa. \"Ini menjadi tugas baru dari Imigrasi,\" sebut Bengat.

Kemenkes akan terus mengawasi perkembangan kondisi mereka yang saat ini menjalani karantina 5 hari di ibu kota. Ia menyebut 135 WNA India itu baru menjalani PCR ulang pertama pada hari ini.

Berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: