Belajar dari Malaysia, Diterjang Kelelahan Pandemi, Akibatnya Mengerikan

Belajar dari Malaysia, Diterjang Kelelahan Pandemi, Akibatnya Mengerikan

JAKARTA - Malaysia alami lonjakan kasus positif Covid-19. Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia Noor Hisham Abdullah mengatakan, lonjakan tersebut disebabkan oleh kelelahan pandemi atau pandemic fatigue.

Noor Hisham Abdullah mengungkapkan, pada April 2021, ada penambahan 61.984 kasus infeksi virus corona. Tidak hanya itu, 235 orang di antaranya meninggal dunia.

\"Lonjakan kasus COVID-19 baru-baru ini antara lain disebabkan oleh kelelahan pandemi,\" jelas Noor Hisham sebagaimana dikutip dari The Star.

Noor menjelaskan, kelelahan pandemi menyebabkan masyarakat terlena dan abai sehingga kepatuhan terhadap protokol kesehatan pun berkurang.

Hal ini lah yang memicu melonjaknya kasus Covid-19 di Malaysia. Selain itu, menurut dia, aturan yang mulai dilonggarkan juga berperan dalam peningkatan kasus.

\"Selain itu, aturan dilonggarkan, sektor ekonomi dibuka kembali, diadakan temu massal. Ini berkontribusi terhadap lonjakan kasus di mana-mana,\" ujarnya.

Disebutkan Noor Hisham, temuan mutasi baru virus Corona membuat kekhawatiran semakin memuncak. Rumah sakit dan para petugas medis terus berupaya keras menangani pasien mereka.

\"Kapasitas rumah sakit negara juga sedang berjuang, dengan banyak rumah sakit Lembah Klang melaporkan lebih dari 70 persen tingkat penggunaan tempat tidur unit perawatan intensif (ICU),\" terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: