Sosok Budayawan Opan Safari di Mata Bupati Imron.

Sosok Budayawan Opan Safari di Mata Bupati Imron.

CIREBON - Budayawan, sekaligus Filolog Cirebon, R Achmad Opan Safari meninggal dunia, Kamis (13/5) pagi.

Sosok yang biasa disapa dengan nama Opan ini memiliki banyak prestasi dan menjadi rujukan dalam kajian dan penelitian di bidang kebudayaan dan sejarah Cirebon. Termasuk meneliti dan mengkaji banyak naskah kuno.

Sosok Opan di mata Bupati Cirebon, Imron memiliki pribadi yang sangat humbel. Ramah dan selalu terbuka dalam setiap diskusi. Pun juga bertukar pikiran. Utamanya dalam hal budaya, sejarah, serta keagamaan di wilayah Cirebon.

“Pak Opan sangat dekat dengan saya dalam diskusi dan bertukar pikiran. Kita sering berkomunikasi. Cirebon sangat kehilangan seorang filolog, akademisi, dan juga pegiat budaya di Cirebon. Kita doakan almarhum husnul khatimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan,\" kata Imron.

Imron juga menyampaikan, bahwa sosok Opan Safari merupakan budayawan yang sangat dekat dengan kiai dan pesantren. Karena itu, dirinya merasa sangat kehilangan sosok yang cerdas, rendah hati, dan juga selalu terbuka untuk berdiskusi tentang Islam dan budaya, utamanya di wilayah Cirebon.

Hal senada disampaikan, Anggota DPRD Kabupaten Cirebon Fraksi PKB, Hanifah. Dia mengungkapkan sosok dari Opan Safari.

Menurutnya, almarhum adalah orang baik. Meski pendiam, khazanah keilmuannya begitu luas. Terbukti, banyak prestasinya yang diraih. Khususnya membantu Kabupaten Cirebon dalam memahami dan menggali kembali sejarah dan identitas budayanya.

\"Kita sangat kehilangan filolog berkualitas dari Cirebon,” papar Ohan sapaan akrab Hanifah. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: