Usai Lebaran, IHSG Diperkirakan Bergerak Positif

Usai Lebaran, IHSG Diperkirakan Bergerak Positif

INDEKS Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan bergerak menguat ke resistance terdekat pada awal perdagangan pasca-Lebaran.Sebagaimana diketahui, menutup perdagangan Selasa (11/5), IHSG turun 0,63 persen menjadi 5.938,35. Sejak awal tahun, indeks terkoreksi 0,68 persen.

Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama menjelaskan, berdasarkan rasio fibonacci, adapun support maupun resistance maksimum berada pada 5.883,52 hingga 5.972,18.Berdasarkan indikator, MACD telah membentuk pola golden cross di area negatif.

Sementara itu, Stochastic dan RSI masih berada di area netral.“Di sisi lain, terlihat pola hammer candle yang mengindikasikan adanya potensi penguatan pada pergerakan IHSG sehingga kedepannya berpeluang menuju ke resistance terdekat,” tulis Nafan dalam risetnya, dikutip Senin (17/5).

Beberapa saham yang patut dicermati menurut Nafan yaitu ADHI, AKRA, BRPT, ELSA, MYOR, PSAB, dan UNTR.Sementara itu, Head Of Research Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi Taulat Ibrahimsyah mengatakan, secara teknikal IHSG hari ini diprediksi bergerak terkonsolidasi masih terus mencoba mengkonfirmasi break out resistance MA5 dan MA20 sebagai signal penguatan lanjutan membalikan arah trend bearish jangka pendek.

Adapun Indikator Stochastic, kata Lanjar, bergerak mendatar pada area dekat oversold dengan MACD yang terlihat juga flat diarea undervalue. Sehingga diperkirakan IHSG masih akan berpotensi bergerak tertahan hingga melemah dengan support resistance 5.922-5.975.“Saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal diantaranya; ADRO, BBRI, BRPT, CPIN, HMSP, JSMR, MNCN, RALS, TBIG,” pungkasnya. (git/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: