Satgas: Waspadai Penularan Covid-19 dari Sumatera

Satgas: Waspadai Penularan Covid-19 dari Sumatera

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta melayani untuk mewaspadai penularan COVID-19 dari pemudik Sumatera. Sebab hampir seluruh wilayah Sumatera masuk zona merah penyebaran COVID-19. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meminta agar seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta dan wilayah sekitarnya mewaspadai penyebaran COVID-19 yang dibawa oleh pemudik asal Sumatera. Hal ini berkaitan dengan gelombang arus balik Lebaran 2021.

“Pemerintan daerah harus paham bahwa sesuai Surat Edaran Nomor 13 sudah diberlakukan mandat ke petugas di daerah untuk tes cepat 1 × 24 jam. Ini harus dilakukan dan kita masih harus bekerja lebih keras untuk mencegah dan mengatasi penularan COVID-19 di negara kita ini, ”ujarnya dalam siaran tertulisnya, Rabu (19/5).

Usai berakhirnya masa mudik Lebaran pada 17 Mei 2021, Pemerintah masih melanjutkan upaya upaya antisipasi gelombang arus balik para pemudik.

Salah satunya yaitu arus balik dari Pulau Sumatera menuju DKI Jakarta dan sekitarnya. Pulau Sumatera perlu mendapat perhatian lebih karena berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19, hampir seluruh wilayah di Pulau Sumatera masuk zona merah dan oranye COVID-19.

Zona merah artinya berisiko tinggi menularkan virus corona, sementara zona beresiko sedang.

Ditegaskan Doni, jangan sampai ada keragu-raguan petugas di daerah dalam menegakkan aturan, mulai dari pemeriksaan hingga kewajiban antigen di setiap titik penyekatan. (fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: