Masjid At Taqwa Ternyata Diberi Nama oleh Presiden Soekarno, Ini yang Diharapan Sang Proklamator

Masjid At Taqwa Ternyata Diberi Nama oleh Presiden Soekarno, Ini yang Diharapan Sang Proklamator

CIREBON - Presiden RI Pertama, Ir Soekarno rupanya punya kaitan erat dengan Kota Cirebon. Berdasarkan sejarah, Masjid At Taqwa rupanya diberi nama oleh sang proklamator.

Pemberian nama itu, tidak lepas dari kunjungan Ir Soekarno ke Kota Cirebon pada tahun 1960-an. Ketika itu, beliau datang untuk melihat renovasi Tajug Agung.

Ya, sebelum bernama At Taqwa, dulunya memang menggunakan nama Tajug Agung yang didirikan oleh Bupati Cirebon, R Adipati Salmon Salam Suryadiningrat.

Humas At Taqwa Center, H Saeful Badar MA mengungkapkan, masjid ini dibangun berkaitan dengan tipologi pemerintahan khas yakni, di mana ada pendopo, alun-alun dan masjid.

Yang dimaksud tentunya Pendopo Bupati Cirebon, Alun-alun Kejaksan dan Tajug Agung. Adapun tajug tersebut didirikan tahun 1918.

Lalu, bagaimana Ir Soekarno memberikan nama At Taqwa? Dan apa maknanya?

Soekarno memberikan nama At Taqwa dengan sebuah harapan. Agar masyarakat bisa terus menjadi orang yang bertakwa setelah keluar dari masjid.

“At-Taqwa sendiri diberikan nama oleh Pak Soekarno dengan harapan masyarakat bisa lebih takwa setelah keluar dari masjid,” imbuh Badar.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: