Soal Alutsista, Prabowo Diminta Jawab Jujur Pertanyaan Rinci DPR

Soal Alutsista, Prabowo Diminta Jawab Jujur Pertanyaan Rinci DPR

JAKARTA – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto diharap tidak menutup-nutupi Rancangan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Pemenuhan Kebutuhan Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan Kementerian Pertahanan dan Tentara Nasional Indonesia (Alpalhankam) Tahun 2020-2024.

Persoalan rancangan perpres tersebut harus dijelaskan oleh Prabowo saat raker dengan Komisi I DPR yang direncanakan hari ini, Rabu (2/6).

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta mengatakan, ada beberapa poin yang harus dijelaskan secara langsung oleh Prabowo terkait rancangan perpres tersebut. Salah satunya terkait evaluasi MEF atau pemenuhan minimum alat utama sistem persenjataan (alutsista).

“Apakah perpres ini akan menggantikan MEF yang hingga kini masuk tahap III. Dan apakah arahnya pemenuhan alutsista secara maksimum,” kata Sukamta, Selasa (1/6).

Politisi PKS ini juga mengatakan, Prabowo juga harus menjelaskan terkait bagaimana evaluasi MEF sejauh ini, karena ketercapaiannya masih rendah akibat minimnya anggaran.

Menurut dia, orientasi pemenuhan alutsista lebih banyak dari pembelian dari luar negeri, dan belum berupaya maksimal memenuhi kebutuhan alutsista strategis dari industri pertahanan dalam negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: