Indonesia Batal Berangkatkan Jamaah Haji, Haikal Hassan: Apakah karena Kezaliman terhadap HRS?

Indonesia Batal Berangkatkan Jamaah Haji, Haikal Hassan: Apakah karena Kezaliman terhadap HRS?

JAKARTA - Haikal Hassan bikin panas lewat cuitan di Twitter. Dia membuat beberapa pertanyaan, terkait penyebab jamaah Indonesia batal berangkat ibadah haji di tahun 2021.

\"Baru pertama kali terjadi sejak ada NKRI dimana warga nya TIDAK bisa pergi haji,\" tulis Haikal, di akun Twitter miliknya.

\"Apakah karena faktor terlalu dekat ke RRC? Apakah karena kezaliman thd HRS? Apakah karena dana haji dipaksa dipakai? Apakah MURNI alasan kesehatan?\" tanya dia, berurutan.

\"Apakah menunggu pengadilan akhirat saja?\" imbuh dia.

Cuitan ini ditanggapi beragam. Banyak yang menyayangkan, termasuk menganggap ungkapan pertanyaan tersebut terlalu provokatif.

Faktanya, memang tahun ini bukan yang pertama Indonesia tidak memberangkatkan jamaah haji. Tahun 2020 atau 1441 Hijriah, Indonesia juga tidak mengirim jamaah untuk ibadah haji.

Sebab, tahun lalu Pemerintah Arab Saudi memutuskan ibadah haji hanya diperbolehkan untuk warga lokal sehubungan dengan pandemi covid-19.

Jauh sebelum itu, Pemerintah Arab Saudi juga pernag menutup ibadah haji pada tahun 1814, karena ada wabah. Kemudian tahun 1837 dan 1858 juga karena ada epidemi. Sedangkan pada tahun 1892 disebabkan wabah kolera.

Tidak hanya itu, pada tahun 1987 ibadah haji juga dibatalkan karena ada wabah meningitis.

Tidak hanya dari pihak Arab Saudi, Indonesia pun pernah meniadakan pemberangkatan jemaah haji sebelumnya.

Pada tahun 1946-1948 Indonesia meniadakan pemberangkatan jemaah haji karena agresi militer Belanda.

Sementara di era NKRI, berarti sudah ketiga kalinya jamaah Indonesia batal ibadah haji yakni tahun 1987, 2020 dan 2021. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: