Kilatan Cahaya di Atas Gunung Raung, Lapan: Meteor Besar

Kilatan Cahaya di Atas Gunung Raung, Lapan: Meteor Besar

JAKARTA - Lapan merilis dugaan terkait kilatan cahaya di atas Gunung Raung yang terekam CCTV. Berdasarkan citra satelit, disimpulkan dari analisa adalah meteor besar.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin mengungkapkan, peneliti penginderaan jauh LAPAN, Prof Dony mendapati kelip cahaya pantulan awan di sekitar Gunung Raung dari citra satelit Himawari sekitar pukul 19.50 WIB (pukul 12.50 UT).

Analisis berdasarkan citra CCTV, tampaknya itu adalah meteor besar yang menerangi awan di dekatnya.

\"Arah datang meteor di medan pandang CCTV adalah dari arah bawah, artinya lintasannya mengarah posisi CCTV,\" ujar Thomas, Sabtu (5/6/2021).

Kemudian, sambung Thomas, dari citra satelit Himawari, meteor menerangi awan rendah (sekitar 6 km) yang tidak tampak pada citra awan tinggi (di atas 10 km) yang memantulkan cahaya matahari yang belum lama terbena.

\"Gelombang kejut yang tampaknya berkaitan dengan laporan suara dentuman,\" ungkap Alumni SMAN 2 Kota Cirebon tersebut, seperti dilansir detikcom.

Sebelumnya diberitakan, ada kilatan cahaya yang terekam di atas Gunung Raung. Cahaya tersebut tertangkap kamera CCTV Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung. Kilatan cahaya tersebut terekam pada Jumat (4/6/2021) sekitar pukul 19.51 WIB. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: