Pemuda Pelopor Jadikan Penerus TOT

Pemuda Pelopor Jadikan Penerus TOT

CIREBON- Setelah mengikuti seleksi pemuda pelopor tingkat Kabupaten Cirebon tahun 2021, 40 peserta seleksi kini tengah menunggu pengumuman pemenangnya. Dalam seleksi itu, ada lima bidang kepeloporan yang dilombakan yakni bidang pendidikan, bidang agama sosial dan budaya, bidang pengelolaan sumber daya alam, lingkungan dan pariwisata, bidang pangan dan bidang inovasi teknologi.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon, Ir H Avip Suherdian MT mengatakan, ada sejumlah juri expert untuk menilai para peserta. Para dewan juri ini dari organisasi kepemudaan, unsur pemuda pelopor, karang taruna dan akademisi.

Menurutnya, saat ini Indonesia dihadapkan pada tantangan yang lebih besar yaitu bagaimana memperkuat karakter dan jati diri pemuda untuk menghadapi peluang bonus demografi 2020- 2035, dan optimalisasi peran organisasi kepemudaan dalam pengembangan kepemimpinan dan kepeloporan pemuda. Dikatakannya, dalam menghadapi tantangan tersebut, diperlukan kesempatan yang seluas- luasnya bagi pemuda untuk berperan aktif dalam pembangunan di segala aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam rangka menumbuhkembangkan kepeloporan di kalangan pemuda.

“Untuk itu, kepeloporan pemuda sangat diperlukan untuk dapat melakukan terobosan dalam upaya mengatasi masalah-masalah yang dihadapi. Secara lebih spesifik kepeloporan pemuda sejatinya merupakan wahana untuk memecahkan berbagai masalah sosial kepemudaan lainnya. Disinilah pemuda diharapkan tampil sebagai garda terdepan untuk memberikan efektif, kreatif dan inovatif,” tutur Avip.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemuda, H Masdi MMPd menuturkan, kegiatan seleksi pemuda pelopor merupakan agenda tahunan bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada pada pemuda Kabupaten Cirebon atas kontribusi dan kepeloporannya.

“Pemuda pelopor adalah mereka yang memiliki sosok tanggung jawab, berkapasitas, dan mampu mengaktualisasikan dirinya dalam keterlibatannya hidup di tengah masyarakat,” ungkap H Masdi didamping Kasi Pemberdayaan Pemuda, Andry Yuliyandry.

Dijelaskannya, target dari seleksi pemuda pelopor adalah menggali potensi yang bertujuan agar para pemuda yang menjadi pemenang bisa meneruskan sebagai leaders training of trainer (TOT) bagi pemuda-pemudi di Kabupaten Cirebon.

“Setelah seleksi dan fact finding, kini giliran pengumuman pemenangnya. Mudah-mudahan sang juara bisa menularkan ilmu TOT bagi masyarakat, dan membawa harum nama Kabupaten Cirebon,” tukas Masdi. (via/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: