Realisasi APBD Masih di Bawah 25 Persen

Realisasi APBD Masih di Bawah 25 Persen

JAKARTA- Kementerian Dalam Negeri (Kemendari) mencatat hingga pertengahan tahun 2021 realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) masih kurang dari 25 persen. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta pemda agar membelanjakan APBD sesegera mungkin untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi, terutama sektor produktif dan penanganan pandemi Covid-19.

“Belanja pemerintah ini merupakan belanja utama, maka jangan ditahan, harus direalisasikan, dibelanjakan,\" kata Mendagri Tito Karnavia dikutip dari laman Sekretariat Kabinet (Setkab), Rabu (16/6).

Tito membeberkan data per 11 Juni 2021, realisasi belanja provinsi, kabupaten/kota se-Indonesia baru mencapai 24,41 persen. Jika dirinci, realisasi APBD provinsi sebesar 26,85 persen sedangkan realisasi APBD kabupaten/kota baru sebesar 23,22 persen. “Idealnya, pada pertengahan tahun realisasi belanja daerah sudah mencapai minimal 40 sampai dengan 50 persen,\" ujarnya.

Tito menjelaskan, bahwa konsumsi rumah tangga merupakan kontributor tertinggi dalam pertumbuhan ekonomi. Untuk itu, anggaran pemerintah melalui program kegiatan diharapkan dapat memicu peredaran uang di masyarakat. “Tujuan utamanya agar berimplikasi pada peningkatan daya beli dan pertumbuhan ekonomi,\" ucapnya.

Terlebih lagi, lanjut Mengadri Tito, pemerintah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi 2021 sebesar lima persen. Meski pada kuartal I terkontraksi 0,74 persen, namun sesuai dengan target pemerintah, pertumbuhan ekonomi akan naik di kuartal II dengan target sebesar tujuh persen.

“Target pertumbuhan ekonomi dapat tercapai apabila pemerintah pusat dan daerah bekerja sama dalam melakukan realisasi belanja agar pandemi covid-19 dapat terselesaikan, dan ekonomi kembali bangkit,\" pungkasnya. (der/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: