Gunung Tilu, Gunung dengan 3 Puncak di Kuningan

Gunung Tilu, Gunung dengan 3 Puncak di Kuningan

KUNINGAN - Gunung Tilu, Desa Jabranti, Karangkancana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, memang tidak sepopuler Ciremai. Selain lokasinya yang cukup sulit dijangkau, namun banyak keunikan dari pegunungan dengan 3 puncak ini.

Selain 3 puncak, Gunung Tilu juga hulu bagi 3 sungai di wilayah Kuningan timur yakni, Sungai Citaal, Cijalengkok dan Cikaro. Hingga saat ini, kawasan hutan Gunung Tilu masih relatif jarang dijamah.

Sebagian areal merupakan kawasan hutan produksi yang ditanami jati dan pinus, bersisian dengan bagian-bagian hutan yang telah dibuka untuk dijadikan kebun atau persawahan. Pengelola kawasan hutan ini adalah Perum Perhutani KPH Kuningan.

\"jamur-gunung-tilu-kuningan\"
Jamur kayu, di hutan Gunung Tilu, Kabupaten Kuningan. Foto: Yuda Sanjaya/radarcirebon.com

Namun sampai dengan saat ini belum ada kajian yang mendalam berkaitan dengan potensi hutan kawasan Gunung Tilu, baik mengenai kekayaan ragam hayatinya maupun kapasitas sumber-sumber air di wilayah ini.

Sementara di sisi lain, aktivitas masyarakat sekitar telah menjadi persoalan serius karena sedikit banyak telah mengancam kelestarian kawasan.

Gunung Tilu merupakan kelompok pegunungan yang setidaknya mempunyai tiga puncak tertinggi yaitu puncak Sukmana (1154 m dpl), puncak Gunung Tilu (1076 m dpl), dan puncak lainnya yang tidak diketahui namanya (1112 m dpl).

Masyarakat cukup beralasan menyebut kawasan gunung tersebut dengan Gunung Tilu, yang berarti tiga, karena dari setiap sudut, kawasan tersebut selalu memperlihatkan tiga gundukan gunung.

\"gunung-tilu-kabupaten-kuningan\"
Medan berat dan hutan yang cukup rapat menuju puncak Gunung Tilu. Foto: Yuda Sanjaya/radarcirebon.com

Kawasan ini juga menjadi hulu bagi banyak sungai kecil yang membentuk dua sungai besar di Desa Jabranti dan Desa Cimara, yaitu sungai Citaal dan Cijangkelok.

Secara administratif pemerintahan, Gunung Tilu termasuk ke dalam wilayah Desa Jabranti, Kecamatan Karang Kancana dan Desa Cimara, Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan.

Di bagian timur, kawasan ini lang sung berbatasan dengan Desa Capar Kecamatan Salem Kabupaten Brebes Propinsi Jawa Tengah. Sepanjang perbatasan, gunung gemunung berdiri seperti dinding yang memisahkan kedua propinsi.

Segi topografi dinding di sebelah barat (wilayah Jawa Barat) memperlihatkan kelerengan yang curam, sedangkan di bagian timur (wilayah Jawa Tengah) memperlihatkan kelerengan yang relatif landai.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: