Ikan “Raksasa” Waduk Darma Belum Diketahui Jenis Apa, Diduga Lepas dari Penangkaran

Ikan “Raksasa” Waduk Darma Belum Diketahui Jenis Apa, Diduga Lepas dari Penangkaran

KUNINGAN - Bukan kali pertama warga di sekitar Waduk Darma menangkap ikan berukuran besar yang belum diketahui dari jenis apa. Yang terbaru, ikan \"raksasa\" itu, ditemukan warga Desa Jagara.

Namun jauh sebelum itu, beberapa kali tercatat ada penemuan ikan dengan ukuran tak lazim itu. Misalnya pada Desember 2018. Ketika itu, warga juga geger karena ada yang menangkap ikan besar itu.

Ketika itu, ditaksir beratnya mencapai 37 kilogram. \"Ikan bandeng, ini ikan kakap cina,\" kata warga dalam video itu.

Namun sesungguhnya, ikan yang mirip dengan mujair itu bukan bandeng. Apalagi kakap cina. Kendati warga banyak yang terlanjut menyebutnya demikian.

Kemudian pada tahun 2019, juga ada penemuan ikan serupa dengan bobot 34 kilogram. Pemancing yang menangkap ikan itu, bahkan kaget ketika berhadapan dengan beratnya tarikan ikan.

Bahkan bertambah kaget ketika ikan itu berhasil dinaikan, ukurannya benar-benar tidak wajar untuk jenis air tawar.

Semetara yang terbaru ikan sejenis ditangkap pada Senin (21/6/2021). Dedi salah satu yang menangkap ikan itu menyebutkan, setelah ditimbang ukurannya mencapai 120 centimeter dengan berat 38 kilogram.

Kendati demikian, warga juga belum benar-benar tahu jenis ikan berukuran raksasa tersebut.

Salah seorang warga, Dadang menduga, itu adalah jenis ikan Taiwan. Pasalnya, dulu sempat ada warga Desa Jagara yang membudidaya ikan taiwan dan semuanya lepas.

\"Ini mungkin ikan taiwan, sebab dulu ada warga budidaya ikan taiwan. Tapi semua lepas dari jaring, dan mungkin ini di antaranya ikan luar tersebut,\" kata Dadang.

Diduga, di Waduk Darma masih terdapat beberapa ikan dengan ukuran besar tersebut. Meski belum diketahui pasti jumlahnya. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: