Kondisi Gempa Terkini di Gunung Kidul

Kondisi Gempa Terkini di Gunung Kidul

YOGJAKARTA - Kondisi terkini gempa di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sejumlah rumah warga dilaporkan rusak, Senin pagi hari ini (28/6/2021).

Gempa bumi dengan kekuatan 5,3 magnitudo terjadi di Kabupaten Gunung Kidul dan dirasakan di sejumlah daerah lainnya. Bahkan sampai ke Kabupaten Cilacap.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gunungkidul, Edy Basuki menyampaikan, dari laporan dari dampak gempa bumi terdapat beberapa kerusakan rumah warga di Kapanewon Purwosari.

Disebutkan bahwa plafon rumah runtuh dan menimpa beberapa perabotan termasuk barang elektronik.

BPBD Gunung Kidul telah menindaklanjuti laporan baik rumah rusak, korban luka juga dampak dari gempa bumi tersebut.

BMKG menyebut bahwa telah terjadi gempa dengan magnitudo 5,3 pada kedalaman 48 kilometer pada pukul 05.15 WIB.

Sedangkan untuk koordinat gempa berada di 8.49 LS-110.59 BT atau 55 kilometer barat daya Gunungkidul, DIY.

Guncangan gempa dirasakan di Kota Yogyakarta, seluruh kawasan di Klaten, Solo, bahkan hingga di beberapa daerah di Jawa Timur.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno memastikan gempa Senin pagi (28/6) di selatan Gunungkidul tidak berpotensi tsunami.

Kekuatan gempa mencapai magnitudo 5,1. Episentrum gempa bumi terletak di laut pada jarak 66 kilometer arah selatan Kota Wonosari. Pusat gempa berada pada kedalaman 61 kilometer.

Dalam keterangan tertulisnya, Bambang menjabarkan jenis gempa bumi adalah menengah. Penyebabnya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan sesar naik mendatar atau oblique thrust fault.

“Gempa pukul 05:15:29 WIB tidak berpotensi tsunami. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan magnitudo 5,3 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi magnitudo 5,1,” jelasnya, seperti dilansir Radar Jogja.

Bambang meminta masyarakat tidak panik. Selain itu juga berlindung di tempat yang aman dari gempa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: