Waspada Serangan Jantung di Usia Muda

Waspada Serangan Jantung di Usia Muda

Olahraga rutin

Rajin berolahraga setidaknya 150 menit per minggu, bisa membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, dan menjaga berat badan tetap sehat.

Sebaliknya, malas bergerak dapat kemungkinan besar mudah mengalami kenaikan tekanan darah atau kolesterol, serta berat badan. Kesemua hal ini adalah faktor risiko dari serangan jantung.

Berhenti merokok

Kandungan bahan kimia rokok dapat menurunkan kesehatan jantung dan pembuluh darah di sekitarnya. Oleh karena itu, Anda wajib berhenti merokok jika ingin mencegah serangan jantung. Tidak berhenti secara mendadak, tapi lakukan secara perlahan agar gejala penarikan nikotin yang muncul tidak begitu mengganggu Anda.

Jaga pola makan

Konsumsi makanan berlemak dan tinggi garam cenderung menaikkan berat badan dan menurunkan kesehatan jantung. Itulah sebabnya, Anda perlu membatasi jenis makanan ini dan menggantinya dengan sayur, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Kelola stres

Langkah terakhir yang bisa Anda terapkan untuk mencegah serangan jantung adalah tidak membiarkan diri berlarut-larut mengalami stres. Cobalah untuk mencari cara untuk mengurangi stres yang paling ampuh untuk Anda, seperti olahraga bersama keluarga, menulis, berlibur, berkebun, atau pilihan aktivitas lainnya. (rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: