Upayakan Seluruh Desa di Purwakarta Miliki Tempat Isolasi

Upayakan Seluruh Desa di Purwakarta Miliki Tempat Isolasi

PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta memastikan setiap desa di wilayahnya sudah memiliki ruang isolasi untuk penanganan Covid-19. Termasuk telah menyiapkan posko Satgas Covid tingkat desa dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro hingga tingkat RW dan RT.

\"Di Kabupaten Purwakarta terdapat 183 desa dan 9 kelurahan. Sejak lama, seluruhnya sudah menyiapkan ruang isolasi sesuai arahan dari pemerintah,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta Jaya Pranolo, kemarin (28/6).

Menurutnya, untuk ruang isolasi mandiri di setiap desa, pemerintah desa kebanyakan menggunakan aula. Selain itu, ada juga yang menyewa rumah yang memadai untuk isolasi mandiri.

Dengan disiapkannya ruang isolasi di setiap desa, sedikit besarnya bisa meminimalisasi overload keterisian rumah sakit rujukan.

Jaya Pranolo pun telah berpesan kepada para kepala desa, menguatkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait isolasi mandiri ini.

\"Jadi, kalau yang gejalanya ringan jangan keukeuh ingin dirawat di rumah sakit. Sementara, bisa memanfaatkan ruang isolasi di desa masing-masing,\" katanya.

Jaya juga mengungkapkan bahwa anggaran penyediaan ruang isolasi di desa-desa bersumber dari dana desa tahun 2021.

\"Setiap desa wajib mengganggarkan kegiatan pencegahan dan penanganan Covid-19 salah satunya penyediaan ruang isolasi dan kegiatan PPKM mikro,\" ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil berpesan supaya para kepala desa bisa menguatkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait isolasi mandiri.

\"Kalau memang kondisi ruangan di rumah atau lingkungannya memungkinkan ya silakan. Tapi, lebih bagusnya arahkan untuk isolasi di tempat yang telah disiapkan pemerintah. Supaya terpantau. Harus ditekankan edukasinya, jangan sampai terjadi klaster keluarga,\" kata Ridwan Kamil. (hms jabar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: